Growth

Perlukah Bedong Bayi?

Sebagai ibu muda kita tentu belajar banyak hal tentang kehamilan, menjaga kandungan dan seputar bagaimana merawat anak dengan mama kita yang tentunya sudah lebih berpengalaman. Tidak menutup kemungkinan kita juga melakukan research di media sosial, intenet, membaca buku kehamilan, ibu dan anak bahkan berkonsultasi dengan dokter.

Kali ini, saya mau membahas tentang pro dan kontra membedong bayi berdasarkan cerita turun temurun dari mama saya serta dari hasil research yang saya lakukan.

Louisse & Loewy

Sebetulnya perlu gak sih kita membedong bayi?
Membedong bayi merupakan tradisi yang dilakukan oleh setiap orang tua secara turun temurun, termasuk saya. Berdasarkan pengalaman pribadi saya, membedong bayi itu perlu karena dapat menimbulkan rasa nyaman pada si bayi.

Selain itu, menurut tradisi orangtua zaman dulu, bayi dibedong agar menjadi anak yang baik dan penurut. Dengan membedong bayi, dipercaya akan mencegah kakinya ngengkang. Sehingga saya dan suami berkomitmen untuk membedong Louisse kurang lebih selama 6 bulan.

Namun di usia 2 minggu, saya sempat membedong Louisse dengan bedong gurita dan dokter tidak menyarankan untuk dibedong dengan bedong gurita karena dikhawatirkan akan membuat jantungnya tertekan. Kemudian, saya mencari alternatif bedong dengan menggunakan kain bedong biasa agar Louisse tetap dapat dibedong. Kenapa? Karena saat saya membedong Louisse, tidurnya lebih lama dan nyenyak, mengurangi efek kejut saat tidur sehingga membuat dia lebih nyaman, dan yang terpenting saat tidur dengan dibedong memberikan rasa seperti sedang dipeluk sehingga si Kecil merasa lebih aman.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam membedong bayi yaitu cara membedong bayi itu sendiri. Pastikan cara kita membedong bayi tidak terlalu kencang dan tidak terlalu longgar ya Moms, karena salah cara membedong akan mengakibatkan hal yang fatal. Berikut ini ada tutorial singkat, bagaimana cara saya membedong Louisse yang saya terapka ke baby Loewy, anak kedua saya.

Oh iya Moms berbicara tentang kain bedong, saya mau merekomendasikan salah satu bedong yang saat ini saya sering gunakan ke baby Loewy, anak kedua saya. Selain nyaman digunakan, fungsi dari kain bedong ini juga bisa digunakan sebagai nurse cover. Sehingga praktis digunakan saat bepergian bersama si Kecil. Cara menggunakannya pun cukup mudah, dengan mengancingkan pada bagian belakangnya.
Bagi moms, yang mungkin tertarik atau sedang mencari nurse cover dapat lihat di instagramnya @kazel_babywear .