Motherhood

Tips For Working Moms at Home

Sejak belia saya adalah seorang workaholic. Tidak peduli waktu, aktivitas saya selalui diisi dengan bekerja. Maklum, saya bukan terlahir dari keluarga berada. Sehingga, mengharuskan saya untuk bekerja keras membantu perekonomian keluarga. Kegilaan saya dalam bekerja terus berlanjut hingga saya memiliki dua orang anak seperti sekarang.

Sejak menjadi ibu tentu ada hal yang berbeda, saya merasa cukup keteteran mengatur waktu dalam bekerja dan mengasuh anak. Namun, disitulah letak tantangan dan keseruannya menjadi seorang ibu rumah tangga sekaligus ibu bekerja.

Sayapun langsung berguru dengan mama saya, suami, teman bahkan googling mengenai situasi saya saat itu, bagaimana cara membagi waktu antara bekerja dan mengasuh Louisse. Setelah mendapatkan beberapa masukan, trial and error akhirnya saya menemukan cara saya sendiri yang efektif dan nyaman untuk saya dapat bekerja sekaligus mengasuh Louisse.

Berikut tipsnya, semoga berguna bagi Moms yang sedang berjuang dalam bekerja dan mengasuh anak ya :

Jangan lupakan tugas utama sebagai ibu dan istri, meskipun sibuk dan lelah dengan pekerjaan yang menumpuk, tetaplah mengurus kebutuhan si Kecil dan suami semaksimal mungkin. Jangan serahkan ke pengasuh ataupun IRT 100%.

Atur waktu, prioritas dan jadwal antara bekerja dan mengasuh anak, and then stick to it. Setiap ibu memiliki standar dan kapasitasnya sendiri dalam menjalankan peran sebagai ibu bekerja dan ibu rumah tangga. Pastikan kita tidak memaksakan untuk melakukan pekerjaan tersebut secara bersamaan. Misalkan, di saat jam tidur anak diselingi untuk mengerjakan hal A dan B atau bisa juga dengan memilih bangun lebih awal di pagi hari karena kalau malam cenderung capek dan begadang tentutnya tidak baik untuk kesehatan. Pastikan Moms memiliki waktu tidur yang cukup agar kesehatan tubuh dan kulit serta konsentrasi otak tetap terjaga.

Untuk Moms yang bekerja di kantor dan si Kecil masih dalam masa menyusui, pastikan kebutuhan ASI atau susunya, pampers terpenuhi sebelum meninggalkan si Kecil untuk bekerja. Pastikan juga untuk orang yang dititipi seperti orang tua ataupun pengasuh memberi kabar tentang kondisi si Kecil jika terjadi sesuatu.

Meminta pertolongan jika diperlukan. Kebetulan saya bekerja di rumah dan sesekali pergi untuk meeting dengan klien, jadi masih dapat memantau Louisse dan apabila pekerjaan saya agak padat biasanya saya meminta pertolongan mama saya untuk membantu saya mengasuh Louisse. Fyi, saya tidak menggunakan jasa babysitter.

Spend a quality time. Tidak bisa dipungkiri dengan bekerja baik di dalam walaupun luar rumah akan mengurangi interaksi antara saya dan Louisse. Saya dan suami berkomitmen walaupun masing-masing bekerja, kami harus menghabiskan waktu bersama Louisse ataupun berdua agar bonding diantara kami tetap terjalin. Biasanya di weekend kami pergi ke mall, jalan-jalan ataupun makan bersama. Di malam hari sebelum tidur kami bercanda ringan, membacakan dongeng sambil meninabobokan Louisse. Sayapun sebulan sekali menghadiri event untuk menambah pengetahuan seputar ibu dan anak, sharing dengan moms lainnya.

Work and Play

Luangkan untuk me time / reward yourself moms! Sebagai ibu dengan segudang aktivitas, akan ada masanya kita penat dengan segala rutinitas. Biasanya saya akan menghadiahi diri saya dengan belanja di e-commerce favorit ataupun jalan-jalan ke mall sekeadar belanja ataupun perawatan.

Semoga bermanfaat, terima kasih sudah membaca dan menonton. 🙂