Growth

Tips Merawat Tali Pusat Bayi

Selama dalam kandungan, bayi akan memperoleh makanan dan oksigen melalui tali pusat yang menempel pada dinding rahim sang ibu. Setelah melahirkan, tali pusat tersebut sudah tidak di perlukan lagi oleh si Kecil dan akan di potong 2-3 cm. Tali pusat inilah yang harus di rawat agar cepat mengering dan dijaga agar tidak terjadi infeksi. Setelah mengering, tali pusat ini akan terlepas dengan sendirinya. Proses pelepasan tali pusat ini membutuhkan waktu kurang lebih 1-3 minggu lamanya.

Baby Loewy

Berikut ini adalah beberapa cara yang biasanya saya lakukan untuk merawat tali pusat baby Louisse dan Loewy :

Pastikan tangan kita bersih / steril,mengingat tali pusat si Kecil sangat sensitif, pastikan moms mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun atau antiseptik dan air mengalir, guna untuk menghindari kuman-kuman yang ada pada tangan kita agar tidak masuk ke dalam tubuh bayi melalui tali pusat yang hendak kita bersihkan.

Pastikan tali pusat si Kecil selalu dalam keadaan kering, untuk menjaga agar tali pusat tetap kering moms dapat mengelapnya dengan tissue saat lembab, usahakan untuk tidak menutup atau membungkus tali pusat secara penuh agar tali pusat dapat mengering dan terlepas dengan sendirinya. Usahakan menggunakan popok di bagian bawah tali pusat dan mengenakan baju sedikit longgar agar tidak menutupi bagian tali pusat bayi.

Gunakan washlap / spons saat memandikan si Kecil, hal ini bertujuan untuk mencegah agar air tidak masuk ke dalam tali pusat. Apabila air masuk ke dalam tali pusat si Kecil, di khawatirkan akan menyebabkan infeksi.

Gunakan kain kasa untuk membersihkan tali pusat bayi, untuk membersihkan tali pusat bayi moms dapat menggunakan kain kasa dan alkohol. Pastikan kain kasa diganti secara berkala agar kebersihannya tetap terjaga. Tidak disarankan membersihkan tali pusat menggunakan kapas, dikarenakan serabut pada kapas dapat menempel dan menyebabkan infeksi terutama pada saat tali pusat dalam keadaan lembab. Saat tali pusat sudah mengering dan terlepas, moms tetap menggunakan kain kasa dengan ditambahkan obat merah ( betadine ) hingga nanah pada tali pusat si Kecil benar-benar kering dan bersih, barulah pemakaian dapat berhenti.

Lantas, apa yang harus dilakukan pada tali pusat yang sudah kering dan lepas?

Saya sendiri menyimpan tali pusat Louisse dan Loewy yang sudah kering beserta plasenta dan darah tali pusat saya di bank penyimpanan tali pusat Cordlife Indonesia.

Tips Merawat dan Menyimpan Tali Pusat Bayi

Terima kasih sudah membaca dan menonton. Semoga dapat menginspirasi 🙂