Motherhood

Tips + Review Memilih Breastpump

Beberapa bulan menjelang lahiran adalah waktu yang tepat untuk menyiapkan segala kebutuhan yang berhubungan dengan ibu dan bayi, terutama bagi moms yang workaholic seperti saya. Salah satu kebutuhan mendasar bagi saya adalah memilih breastpump. Bagi saya breastpump adalah salah satu investasi jangka panjang untuk kelangsung ASIP si Kecil. Pemilihan breastpump yang tepat akan membantu menentukan keberhasilan perahan ASIP loh moms.

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang biasa saya lakukan sebelum membeli breastpump :

Searching , get more specific informations about breastpump / breastpump brand. Sebelum membeli sesuatu terutama dengan harga yang tidak murah, saya selalu membiasakan diri mencari tahu tentang barang tersebut baik dari review, product knowledge, kelebihan dan kekurangan, cocok atau tidak dengan kebutuhan saya.

Specific informations yang biasanya saya cari tahu adalah tentang :

Mesin & suara mesin , apakah mesin pada breastpump memiliki pengaturan kekuatan hisapan yang dapat disesuaikan dengan kenyamanan ibu saat memompa. Hal ini penting karena apabila kekuatan hisapan tidak dapat diatur sesuai dengan kekuatan hisapan bayi maka, dapat mempengaruhi kesehatan payudara. Selain itu suara mesin juga perlu diperhatikan, pastikan suara yang di timbulkan oleh mesin breastpump yang kita beli tidak terlalu kencang agar tidak mengganggu si Kecil saat kita sedang memompa di dekatnya atau di malam hari ketika dia tidur.

Mode massage, dengan adanya fitur mode massage pada breastpump dapat membantu memancing ASI untuk keluar dan membuat payudara merasa lebih nyaman.

Sparepart, nah untuk mempersingkat waktu terutama dalam masa menyusui ada baiknya moms memilih breastpump dengan sparepart yang mudah untuk dibersihkan.

Dari 3 indikator kebutuhan tersebut, saya memilih breastpump dari brand spectra Indonesia Telusur punya telusur spectra ini merupakan salah satu brand dari Korea Selatan yang mana sudah tersebar di 35 negara loh moms. Sekilas membuat saya speechles dan berharap semoga pilihan saya ini cocok. Salah satu produk breastpump dari spectra yang saya beli untuk ASIP baby Louisse adalah series S2+.

Spectra Breastpump S2+

Menurut saya kelebihan dari spectra breastpumo S2+ ini adalah :

Hospital grade pump, awal saya memutuskan menggunakan breastpump ini karena pada waktu saya lahiran di RS Grand Family PIK, di setiap kamar persalinan menggunakan breastpump jenis ini dan sayapun mencari informasi dari dokter dan perawat kemudian berlanjut searching dan akhirnya memutuskan untuk membeli ini. Breastpump ini sudah digunakan di setiap kamar rumah sakit sekelas Grand Family sudah pasti oke punya dan setelah dicoba pun rasanya sangat nyaman.

Terdapat fitur breast care / mode massage yang merangsang LDR atau Let Down Reflect. Pada fitur ini terdapat 5 level kekuatan yang dapat diatur senyaman mungkin. Juga terdapat fitur cycle yang memungkinkan pompa mengatur kecepatan hisapan selama pumping. Sehingga membuat payudara tetap merasa nyaman dan tidak sakit saat pumping.

Suara mesin yang dihasilkan pun sangat tenang dan tidak mengganggu. Selain itu juga memiliki fitur night light yang dapat membantu untuk memompa pada malam hari, didukung juga dengan fitur timer secara otomatis apabila moms ketiduran saat memompa ASI.

Dapat dijalankan secara single maupun double pump, sparepart yang mudah di bersihkan dan part nya sudah BPA free, serta bergaransi selama 2 tahun menjadi nilai tambah.

Dari semua kelebihan yang ditawarkan spectra breastpumo S2+ ini memiliki harga yang affordable.

Selain kelebihan, spectra S2+ ini juga memiliki kekurangan diantaranya :

Bentuknya yang cukup besar membuat saya harus memiliki ruang ekstra apabila ingin membawanya travelling. Selain itu, pompa ASI ini bersifat elektrik sehingga harus di charge terlebih dahulu untuk penggunaannya dan baterainya cepat habis. Untuk series S2+ ini lebih cocok digunakan untuk pumping saat berada di rumah.

Saat lahiran baby kedua, saya juga menggunakan breastpump dari spectra dengan series S9+ yang mana lebih handy dan lebih mudah untuk dibawa travelling. Secara keseluruhan fungsi dan kelebihannya sama dengan S2+ namun yang paling saya suka adalah bentuknya yang compact seperti powerbank sehingga mudah untuk dibawa bepergian.

Spectra Breastpump S9+

Overall, saya sangat suka dengan breastpump dari spectra ini. Selain harga yang affordable, kualitas yang ditawarkan pun oke.. Selama menggunakan pompa ASI ini saya merasa sangat terbantu. Semoga tips dan review singkat saya ini dapat membantu ya Moms yang sedang mencari dan menimbang-nimbang untuk memberli pompa ASI.

Terima kasih sudah membaca dan menonton. 🙂