Motherhood

Cara Memandikan Newborn Baby by Mom Lina

Memandikan bayi merupakan salah satu hal sulit terutama bagi new moms karena berbagai kekhawatiran. Terkait hal ini, saya ingin berbagi pengalaman saya dalam memandikan bayi baru lahir yang mana saya baru melahirkan anak kedua yaitu, baby Loewy.

Saya mulai memandikan si Kecil saat dia berumur 2 minggu menjelang 3 minggu, sebelumnya saya hanya membersihkan badannya dengan wash lap dan air hangat.
Sebelum memandikan si Kecil, biasanya saya selalu usahakan si Kecil dalam keadaan kenyang dan mandinya juga tenang.

Sebelum saya memandikan si Kecil, biasanya saya memastikan terlebih dahulu apakah di popoknya ada sisa buang air kecil atau air besarnya. Jika ada, saya akan bersihkan terlebih dahulu barulah mulai memandikannya.

Sebelum memasukkan si Kecil ke bak mandinya, saya selalu memastikan apakah tingkat kehangatan airnya sudah cukup atau belum. Pastikan juga air yang ada di dalam bak tidak terlalu banyak agar si Kecil merasa nyaman.

Apabila tali pusar si Kecil masih menempel, penting sekali untuk menjaga agar tali pusarnya jangan sampai terendam air. Moms dapat menahannya dengan tangan. Tidak kalah penting, saat memandikan si Kecil, saya selalu menyediakan wash lap untuk membersihkan bagian wajahnuya secara perlahan.

Berhubung kulit baby Loewy sensitive, setelah membilas seluruh badan satu kali saya menggunakan sabun dan shampoo Childs Farms dari @glmrkids . Saat memandikan, jangan menggunakan terlalu banyak sabun, cukup satu pump untuk seluruh badan. Jangan lupa untuk membersihkan bagian lekukan seperti leher dan selangkangan.

Begitu juga untuk bagian kepala, cukup satu pump untuk membersihkan rambut si Kecil sembari di elus secara perlahan . Setelah itu, bilas kembali dengan air dan lekas balutkan si Kecil dengan handuk bersih dan keringkan badannya dengan handuk tersebut.

Itulah beberapa tips singkat dan cara saya memandikan si Kecil. Semoga menginspirasi dan membantu moms yang sedang menghilangkan kekhawatiran untuk mulai memandikan si Kecil ya.

Dulu, saya juga sempat mengalami khawatir, bingung dan takut untuk memandikan baby Louisse, namun karena saya juga ingin mengetahui dan memiliki pengalaman bagaiman cara memandikan anak sendiri sedari bayi, membuat saya untuk memberanikan diri dan belajar dari mama saya. Hal terpenting adalah ubah mindset kalau saya bisa dan tidak akan terjadi hal-hal mengkhawatirkan. Semangat super moms!