MPASI

Sebab Dan Tips Atasi Anak Susah Makan

Saat anak tidak mau makan, kerap kali membuat panik orang tua dan bertanya-tanya kenapa anak saya tidak mau makan, apakah dia sakit, bagaimana jika berat badannya turun dan sebagainya. Hal ini pun sempat saya rasakan sejak Januari 2019-February 2019. Akhirnya sayapun mencari tahu, sebenarnya kenapa sih baby Louisse nggak mau makan dan berikut ini adalah beberapa penyebabnya :

Anak sakit/baru mulai sembuh, kala itu baby Louisse sedang mengalami bapil, sehingga rasa sensitif di bagian permukaan lidah untuk mengecap rasa itu berkurang dan makanan terasa tawar. Oleh karena itu, baby Louisse secara otomatis menolak untuk makan.

Terlalu banyak pilihan makanan, karenan terlalu banyak pilihan makanan yang disodorkan sehingga menyebabkan anak malas makan karena bingung mau memilih makanan yang mana.

Ketergantungan pada gadget, tv ataupun mainan, untuk penyebab yang ketiga ini, tidak baby Louisse alami karena saya dan suami sangat meminimalisir penggunaannya saat makan. Namun sebagai informasi, hal ini dapat menjadi pemicu anak mogok makan loh moms, karena fokusnya tidak pada makanan melainkan ke tv, gadget ataupun mainan.

Pencernaan terganggu/tidak lancar, hal ini dapat dilihat dari fesesnya atau apakah si Kecil kerap mengalami diare, alergi bahkan sembelit. Apabila pencernaan si Kecil tidak lancar dapat dikonsultasikan dengan DSA agar segera ditangani.

Varian makanan membosankan, saat memasuki usia 12 bulan, baby Louisse selalu saya berikan bubur tanpa rasa hingga usianya memasuki 17 bulan. Hal ini menjadi salah satu indikator anak menjadi mogok makan karena bosan dengan menu yang kurang variatif.

Perhatikan kondisi anak, apakah dia sedang mengalami tumbuh gigi, masih kenyang ataupun sedang mengantuk.

Setelah mengetahui penyebab anak susah makan, ini lah saatnya kita mencari solusi untuk mengatasinya, berikut ini adalah beberapa cara yang saya lakukan :

Jangan pernah memaksa anak untuk makan, seiring perkembangan anak dia secara perlahan dapat merasakan lapar dan kenyang. Saat anak akan merasakan lapar dia akan makan dengan lahap.

Buatlah varian makanan yang menarik, biasanya saya mengganti lauk pauk yang akan di makan oleh baby Louisse. Misalkan hari ini aya, besok ikan, besok nya lagi soup. Tujuannya agar tidak monoton dan membuat dia bosan.

Jangan memberikan terlalu banyak minum saat menjelang waktu makan, hal ini dapat membuat anak menjadi kembung dan tidak mau makan, karena seolah-olah sudah merasa kenyang.

Berikan vitamin penambah nafsu makan pada anak, jika diperlukan. Awalnya saya ragu untuk memberikan vitamin penambah nafsu makan anak, karena usianya masih kecil dan sudah parno duluan, namun karena vitamin ini dari obgyn saya, jadi saya mencoba saja dan ternyata besok harinya baby Louisse lahap sekali.

The last but not least, biarkan anak makan sendiri. walaupun ending nya rumah akan berantakan dengan nasi dan lauk yang tumpah karena membiarkan anak makan sendiri, namun cara ini adalah cara yang paling efektif. Dengan membiarkan anak makan sendiri, akan melatihnya lebih mandiri dan mau belajar untuk makan.

Itulah beberapa penyebab dan solusi yang saya lakukan untuk mengatasi mogok makan Louisse. Semoga dapat menjadi inspirasi dan membantu moms yang sedang mengalami drama anak mogok makan. Untuk cerita lengkapnya, moms dapat menonton video berikut ini ya. Terima kasih sudah membaca dan menonton 🙂