Growth

Manfaat & Tips Menjemur Bayi Di Pagi Hari

Menjemur bayi dapat dikatakan sebagai tradisi turun-temurun yang selalu dilakukan. Disamping dijadikan sebagai tradisi, menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi ternyata memiliki banyak manfaat loh Moms. Oleh karena itu, sedari Louisse bayi hingga memiliki anak kedua yaitu baby Loewy, saya selalu untuk rutin menjemur mereka dipagi hari. Adapun manfaat-manfaat menjemur bayi di pagi hari yang saya lihat dan alami , yaitu :

Dapat mencegah bayi kuning
Pada umumnya bayi baru lahir memiliki kecenderungan kuning karena organ hatinya belum dapat berfungsi dengan sempurna dalam hal mengolah bilirubin. Oleh karena itu, dengan menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi yang memiliki kandungan spektrum sinar biru dapat membantu mengurangi kadar bilirubin dalam darah bayi.

Dapat menghangatkan tubuh dan merangsang rasa haus bayi
Salah satu cara untuk menghangatkan tubuh bayi adalah dengan menjemurnya saat pagi hari. Selain itu dengan menjemur bayi juga dapat merangsang rasa haus nya agar bayi dapat lebih banyak minum ASI. Semakin sering bayi mengonsumsi ASI, maka tumbuh kembangnya pun akan lebih optimal.

Membantu pembentukkan dan pertumbuhan bayi
Didalam sinar matahari pagi memiliki kandungan vitamin D yaktif membantu penyerapan kalsium untuk memperkuat tulang dan gigi bayi. Dengan menjemur bayi dibawah sinar matahari pagi juga dapat membantu bayi tampak lebih sehat karena vitamin D yang diterima oleh tubuh dapat membantu sistem saraf dan imunitas menjadi lebih baik sehingga kondisi tubuhnya menjadu lebih kuat.

baby Loewy

Tips aman menjemur bayi :

Pilihlah waktu yang tepat.
Waktu terbaik untuk menjemur bayi adalah di pagi hari dengan range waktu dari pukul 7 hingga 9 pagi dengan durasi 10-15 menit. Hindari untuk menjemur bayi diatas jam 9 pagi karena udara dan sinar matahari sudah terkontaminasi dengan polusi dan asap kendaraan terutama di kota-kota besar seperti Jakarta.

Gunakan penutup mata.
Untuk menghindari mata bayi berkontak langsung dengan sinar matahari ada baiknya saat menjemur bayi, moms menggunakan penutup mata seperti kain, penutup mata ataupun sunglasses. Kalau saya, prefer menggunakan sunglasses agar baby Loewy merasa lebih nyaman.

Usahakan menjemur bayi dalam keadaan terbuka.
Saat menjemur baby Loewy / Louisse saya selalu menjemur dengan kondisi telanjang dada dan menggunakan pampers. Hal ini untuk membantu agar sinar matahari dapat langsung mengenai tubuh bayi saat di jemur.

Itulah beberapa manfaat dan tips singkat saya saat menjemur baby Louisse dan baby Loewy. Untuk detailnya moms dapat menonton pada video berikut ya. Terima kasih sudah membaca dan menonton, semoga menginspirasi. šŸ™‚