Motherhood

Tantangan Ibu Menyusui

Seperti yang kita tahu moms, menyusui bukanlah hal yang mudah seperti membalikkan telapak tangan. Ibu menyusui pun menghadapi berbagai kesulitan saat masa menyusui berlangsung. Berikut ini beberapa tantangan yang saya alami sebagai ibu menyusui.

ASI susah keluar pasca lahiran
Beberapa moms mengeluhkan air susu tidak keluar, sehingga belum dapat menyusui bayinya beberapa hari setelah melahirkan. Ternyata hal ini merupakan hal yang normal terjadi dan biasanya ASI akan keluar dua sampai tiga hari pasca melahirkan. Oleh karena itu moms harus menjaga emotional diri agar tidak mudah stress untuk membantu ASI dapat segera keluar.

ASI tidak cukup
Sebenarnya hampir semua ibu menyusui mampu untuk memproduksi ASI yang banyak untuk bayinya. Terkadang perasaan moms yang kurang percaya diri akan kemampuannya dalam menyusui kerap kali muncul. Seolah-olah beranggapan ASI yang diproduksi tidak cukup, Perasaan ini disebut dengan perceived low milk production / perceived insufficient milk atau yang disebut dengan persepsi ketidakcukupan ASI. Oleh karena itu, sebagai ibu menyusui kita perlu untuk memotivasi diri kita sendiri dan harus selalu berpikiran positif.

Omongan orang
Percaya atau tidak sedari hamil hingga melahirkan, sebagai seorang ibu saya memiliki perasaan yang sangat sensitif terutama saat mendengar omongan-omongan negatif dari sekitar, terutama menyangkut dengan anak. Mungkin dari moms lain juga ada merasakan hal yang sama dengan yang saya alami. Ada baiknya sebagai ibu bijak tidak semua omongan orang kita telan begitu saja. Cukup mengambil hal positif dan tidak perlu menanggapi omongan-omongan negatif.

Untuk cerita lengkap tantangan ibu menyusui , moms dapat menonton video berikut ya. Terima kasih sudah membaca dan menonton. Semoga menginspirasi 🙂