Growth

Tips Menstimulasi Anak Cepat Jalan

Idealnya si Kecil berdiri di usia 9-12 bulan. Mereka akan bepegangan pada tembok atau apapun yang ada di dekat mereka untuk bisa berdiri atau berusaha untuk menggerakkan kakinya. Namun tidak semua bayi bisa langsung berjalan, ada yang masih membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat berjalan.

Sebagai orang tua tentu kita tidak bisa memaksakan anak untuk dapat langsung berjalan. Oleh karena itu saya ingin berbagi tips berdasarkan pengalaman saya dalam menstimulasi baby Louisse agar cepat berjalan.

Diumur 11 bulan baby Louisse sudah dapat berjalan. Adapun beberapa cara yang saya lakukan untuk menstimulasinya belajar jalan adalah sebagai berikut :

Membiasakan bayi berlajar berdiri di usia 4-5 bulan
Umumnya di usia 4-5 bulan bayi sudah belajar duduk, namun di usia ini baby Louisse sudah dapat duduk dan saya pelan-pelan mengajarkan dia untuk berdiri. Kemudian di usia 7 bulan, saya membiasakan baby Louisse untuk belajar jongkok dan belajar berdiri. Gerakan berdiri dan duduk sambil berjongkok ini bertujuan untuk menguatkan otot-otot pinggul dan pahanya. Tentu harus diikuti dengan pengawasan dan didampingin ya Moms.

Menitah anak
Selain itu, kita dapat membanyu si Kecil untuk berdiri dengan kedua telapak kakinya dengan menjejak tanah/ubin. Jangan lupa untuk memegang kedua tangannya dan bantu dia untuk bisa melangkah selangkah demi selangkah atau bergerak maju dan mundur. Selalu dampingi saat dia latihan jalan. Apabila dia terjatuh, biarkan dia untuk bisa bangun sendiri.

Menyediakan tempat yang aman untuk anak belajar jalan
Selain menitah anak, moms juga dapat membiarkan si Kecil untuk belajar berdiri sendiri dengan menyandarkan anak pada tembok atau sandaran aman lainnya. Pastikan saat si Kecil belajar untuk berdiri/berjalan dengan bertelanjang kaki, agar tidak mempersulit dia karena belum terbiasa dengan alas kaki. Oleh karena itu, moms juga perlu menyediakan tempat yang aman untuka anak dapat belajar jalan agar dia tidak terluka saat jalan dengan kaki terlanjang. Dengan membiarkan si Kecil bertelanjang kaki, si Kecil dapat lebih mudah untuk menyeimbangkan tubuhnya.

Playdate
Ajak si Kecil untuk playdate dengan bayi atau anak yang sudah dapat berjalan. Melalui playdate ini si Kecil akan termotivasi untuk berjalan saat melihat temannya sudah bisa jalan. Sebagai orang tua kita juag perlu bersabar dalam membantu anak agar bisa cepat jalan. Tidak perlu terlalu terburu-buru dan memaksakannya, cukup dengan distimulasi dan terus didampingi agar dia mampu berjalan dengan kemampuannya sendiri.

Mengunakan alat bantu jalan / dorong
Untuk stimulasi dengan menggunakan alat bantu ini adalah optional ya moms. Apabila moms hendak menggunakan alat bantu, jangan biarkan si Kecil latihan sendirian dan pastikan alat bantu yang digunakan untuk belajar jalan tidak berbahaya.

Untuk cerita lengkapnya moms dapat menonton video Tips Menstimulasi Anak Cepat Jalan berikut ini ya. Terima kasih sudah membaca dan menonton. Semoga menginspirasi. 🙂