Growth

Penyebab Anak Mimpi Buruk / Mengigau di Malam Hari

Pernahkah moms menemukan si Kecil mengalami mimpi buruk ataupun mengigau saat sedang tidur? Sepintas mungkin kita akan mengira bahwa mereka sedang tertidur lelap sambil bermimpi. Si Kecil yang kerap kali mengigau saat tidur biasanya disertai dengan berbicara seorang diri, menangis, tertawa, berteriak, bahkan mungkin ada yang berjalan sambil tertidur. Tidak sedikit orang tua mengganggap sepele hal semacam ini, padahal bayi yang sering mengigau bisa menjadi tanda-tanda berbagai macam ganggua. Lantas, apa saja penyebab anak sering mengigau ini?

Sejak dapat berjalan, berlari dan bermain, baby Louisse Scarlett kerap kali mengigau di malam hari, awalnya saya merasa ah biasa saja mungkin karena terlalu banyak main. Namun, semakin ke sini kok semakin sering ya apalagi kalau saya memarahi dia karena terlalu rewel, dapat dipastikan saat tidur dia akan menangis.

Melihat kejadian ini, saya menjadi tidak tega dan kasihan karena waktu tidurnya terganggu dan kurang nyenyak. Oleh karena itu saya sebisa mungkin untuk menahan emosi dan lebih bersabar serta mulai mencari-cari tahu hal apa saja yang dapat memicu anak mengigau ini. Berikut diantaranya :

Mengalami kejadian yang sangat berkesan.
Kejadian yang berkesan biasanya sangat mudah tertanam dalam memori si Kecil seperti terlalu senang ataupun terlalu sedih. Akibatnya si Kecil akan mengingat momen berkesan tersebut hingga berada dalam fase alam bawa sadar.

Kaget / trauma hingga kelelahan
Bermain adalah aktivitas yang sangat disenangi oleh kebanyakan anak seusia Louisse Scarlett, dengan bermain si Kecil dapat tumbuh dan berkembangan dengan lebih baik juga dapat berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Namun, dengan membiarkan si Kecil bermain terlalu lama hingga menggunakan jam tidurnya tidaklah baik karena dapat mengganggu tumbuh kembangnya.

Apabila Louisse, mengalami mimpi buruk dan mengigau di malam hari, hal yang saya dan suami lakukan adalah memeluk dia sambil mengelus-elus dada dan kepalanya agar Louisse merasa lebih tenang, setelah itu gendong sebentar dan memberinya minum air putih untuk menenangkan sesaat dan Louisse pun kembali tidur.

Nah, itula sharing singkat saya dalam menghadapi si Kecil yang sering mengigau dan mengalami mimpi buruk saat tidur. Semoga menginspirasi. Untuk cerita detailnya moms dapat menonton video berikut ini ya !