Motherhood

Rahasia ASI Melimpah

ASI memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang si Kecil salah satu manfaat nyatanya adalah dapat meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh si Kecil dari serangan penyakit. ASI juga dipercaya dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil. Namun, tidak semua ibu menyusui dapat menghasil ASI yang melimpah. Oleh karena itu, saya ingin berbagagi tips untuk membantu meningkatkan produksi ASI berdasarkan pengalaman saya. Berikut diantaranya :

Rutinlah mengonsumsi buah-buahan kaya gizi
Dengan rutin mengonsumsi buah-buahan dapat membantu produksi ASI lho moms karena kaya akan vitamin dan mineral. Biasanya saya mengonsumsi buah jeruk, stroberri, blueberry, alpukat, pepaya dan pisang secara rutin.

Konsumsi kacang-kacangan
Selain buah-buahan, moms juga dapat mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang ijo dan kacang merah. Biasanya saya sering minta mama saya untuk membuatkan sup atau bubur kacang ijo atau moms juga dapat mengonsumsi susu almond apabila kurang tertarik dengan bubur kacanb ijo. Keduanya sama-sama enak lho.

Perbanyak konsumsi daun katuk
Nah, manfaat daun katuk dalam meningkatkan produksi ASI sudah menjadi rahasia umum. Rutinlah untuk mengonsumsi daun katuk ya moms, biasanya saya mengonsumsi daun katut dengan cara di buatkan menjadi soup hehehe.

ASI Booster
Apabila sudah mengonsumsi makanan diatas dan ternyata produksi ASI masih belum meningkat, tidak ada salahnya moms mengonsumsi ASI Booster. Saat ini saya pun mengonsumsi ASI Booster dari @mamabear selain aman rasanya juga enak dan khasiat nya sudah terbukti. Saya mengonsumsi ASI booster ini dari semenjak menyusui baby Louisse hingga baby Loewy.

Hindari stress dan Keep Happy
Selain dari segi makanan, dari segini pikiran juga perlu diperhatikan lho moms. Usahakan selama masa menyusui hindari stress yang berlebihan karena dapat mempengaruhi produksi ASI. Upayakan untuk selalu senang di setiap harinya ya.

Skin to Skin
Langkah selanjutnya adalah sering lah melakukan skin to skin dengan Si Kecil karena dipercaya dapat meningkatkan kedekatan emosional antara moms dengan si Kecil. Kedekatan ini dapat membantu meningkatkan produksi ASI serta menimbulkan rasa aman dan nyaman antara moms dan si Kecil. Sehingga produksi ASI pun akan semakin meningkat.

Itulah sharing singkat rahasia ASI melimpah berdasarkan pengalaman pribadi saya. Semoga menginspirasi. Untuk cerita detailnya, yuk tonton video berikut!