Beauty

Tips Atasi Rambut Rontok Saat Hamil

Saat dalam masa kehamilan saya sempat mengalami gejala rambut rontok. Awalnya saya merasa sangat khawatir karena rambut yang rontok sangatlah tidak wajar banyaknya. Hingga saya pun mencoba untuk menanyakan kepada teman-teman sekitar , apakah mereka pernah mengalami rambut rontok seperti yang saya alami ini. Namun, sayang nya jawaban mereka tidak memuaskan hati saya dan cenderung membuat saya merasa sangat khawatir akan kerontokkan rambut yang semakin parah.

Kemudian, saya pun mulai mencari informasi mengenai penyebab rambut rontok di berbagai sarana informasi dan internet, hingga saya mendapatkan referensi bahwa saat kita hamil dan mengalami rambut rontok adalah hal yang wajar dan tentunya setiap masa kehamilan setiap ibu itu berbeda-beda. Kerontokan rambut yang saya alami ini disebabkan oleh perubahan hormon HCG saat hamil dan setelah melahirkan yang dapat mempengaruhi kesuburan rambut yang menyebabkan adanya produksi minyak kulit kepala meningkatkan.

Selain itu dapat kerontokan rambut yang saya alami ini diakibatkan oleh tidak tepatnya memilih rangkaian pencuci rambut seperti shampoo dan conditioner. Kerontokan rambut ini saya alami lebih parah terjadi saat menjelang persalinan dan setelah persalinanan. Kerontokan rambut pada ibu hamil juga dapat di terjadi karena ibu hamil yang kekurangan mengonsumsi vitamin dan zat besi yang tidak seimbang.

Berikut ini adalah beberapa hal yang saya lakukan untuk meminimalisir dan mengurangi terjadinya kerontokan rambut :

Hindari penggunaan hair dryer dan alat pelurus maupun pengeriting rambut kurang lebih selama 1 tahun.
Penggunaan hair dryer dengan suhu terlalu panas di percaya akan mengakibatkan kerontokan rambut yang semakin parah. Apabila penggunaan hair dryer sangat mendesak moms, dapat menggunakan haridryer dengan suhu dingin sehingga tidak akan menyebabkan gangguan pada akar rambut. Selama masa kehamilan dan setelah persalinan, saya tidak pernah lagi menggunakan alat pengering rambut maupun pengkeriting rambut, biasanya jika ingin menghadiri acara saya siati dengan menggunakan hairclip dan itu sangat membantu sekali lho moms. hihihi

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi
Rutinlah mengonsumsi buah dan sayuran hijau yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang membantu mengurangi rontok selama kehamilan seperti Vitamun B Kompleks, Vitamin C, Vitamin E dan juga Zinc.

Rutin melakukan perawatan rambut.
Dengan mulai merawat kesehatan rambut secara intens dapat meminimalisir terjadinya kerontokan lho moms. Saya sendiri kini rutin menggunakan vitamin rambut dan hair tonic setelah keramas dan tidak lupa memilih perawatan rambut yang cocok dengan jenis kulit kepala dan kebutuhan kita ya moms.

Itulah beberapa sharing atau #Curcol singkat saya. Semoga menginspirasi yan Moms! Untuk certia detailnya, yuk tonton video berikut!