Growth

Berapa Lama ASI Dapat Bertahan ?

Memerah ASI merupakan aktivitas wajib bagi Moms bekerja yang sedang dalam masa menyusui. Untuk menjaga kuantitas stok ASIP agar tetap aman, maka di sela-sela pekerjaan Moms pun selalu mencuri-curi waktu untuk memompa ASI. Namun, ada kalanya moms lupa untuk langsung menyimpan ASI hasil setelah di pompa ke dalam freezer / kulkas sehingga ASI pun selama berjam-jam berada di suhu kamar/ruangan. Lantas, apakah tetap aman ASI tersebut untuk diberikan kepada Si Kecil?

Nah, pertanyaan tersebut juga menjadi pertanyaan besar buat saya, pasalnya saya sering sekali setelah memompa ASI lupa untuk memasukkannya kedalam freezer karena memompa sambil mengantuk. Awalanya saya sering sekali ketiduran selama kurang lebih dua jam, sedih rasanya saat terbangun dan tiba-tiba sadar bahwa ASI yang sudah di pompa belum di masukkan ke freezer dan karena kurangnya informasi saya langsung membuang ASI tersebut. Hingga pada akhirnya sayapun ikut seminar-seminar mengenai ASI, ASIP dan seputar menyusui.

Sedari itu, saya mulai paham tentang bagaimana cara menyusui secara langsungdari payudara ataupun melalui botol susu, bagaimana cara menyimpan ASI dan tentunya berapa lama ASI dapat bertahan pada suhu ruangan.
Ternyata moms, :

  • ASI perah dapat bertahan hingga 6 jam di suruh ruangan sekitar 25 derajat celcius,
  • ASI perah dapat bertahan hingga 24 jam saat disimpan dalam kotak pendingin yang ditambah dengan ice pack,
  • ASI perah dapat bertahan hingga 5 hari, ketika di letakkan pada kulkas bagian lemari pendingin dengan suhu minimal 4 derajat celcius,
  • dan ASI perah dapat bertahan hingga 6 bulan apabila disimpan di dalam freezer dengan suhu -18 derajat celcius atau lebih rendah lagi.

Namun, perlu diingat moms, dalam proses pembekuan ASI perah sangat memungkinkan dapat menghilangkan beberapa zat penting untuk menghalau infeksi pada bayi. Apabila moms hendak bepergian dengan si Kecil, moms dapat membawa coolbox ataupun cooler bag untuk menjaga konsistensi ASIP tetap terjaga ya moms.
Itulah sharing singkat saya, semoga menginspirasi. Untuk cerita detailnya, yuk tonton video berikut !