Growth

Perkembangan Bayi 1 Bulan

Tahukah moms, bahwa tahapan tumbuh kembang bayi sangatlah pentimg umtuk di ketahui oleh kita selaku oramg tua guna untuk dapat mengukur apakah anak kita tumbuh dengan baik dan berkembang sesuai tahapan yang benar. Saat bayi berusia satu bulan , terdapat beberapa perkembangan yang sudah terlihat diantaranya :

Perkembangan fisik
Saat bayi baru lahir, dia sudah memiliki kemampuan menakjubkan meski harus menempu perjalanan panjang dalam masa tumbuh kembang. Saat bayi, mereka sudah memiliki insting / naluri untuk bernafas, mengepalkan tangan, menggenggam jari bahkan mencium bau. Selain itu, di usia satu bulan bayi sudah memiliki sedikit kendali otot seperri mengisap jempil, menguap, menangis, bernafas, bersin. Namun, hal ini akan berubah seiring bertambahnya usia si Kecil dan dia mulai menyadari bahwa dia memiliki kontrol terhadap tubuhnya sendiri. Dalam hal ini saya menyadari bahwa Louisse dan Loewy menyadari bahwa mereka memiliki tangan dan memiliki kendali terhadap tubuh mereka seperti menggenggam jari ibunya, menghiap jempol mereka saat makan.

Perkembangan sensori
Saat berusisa satu bulan kebanyakan bayi sudah dapat melakukan beberapa gerakan seperti tengkurap, mengangkat kepala mereka saat tengkurap, merespon suara yang dia dengar dengan kata ‘ooh’ dan ‘ahh’, mengenai wajah orang tuanya dan beberapa orang sekitar, dapat tersenyum dan tertawa ngakak. Hal ini pun dialami oleh Louisse dan Loewy saat berusia satu bulan.

Perkembangan kognitif
Selain panca indera sudah mulai berfungsi dengan baik, saat berusia satu bulan perkembangan kognitif bayipun mulai berkembang seperti bayi dapat terpengaruh oleh orang yang merawatnya. Mereka akan menjadi rewel apabila orangtua sering marah-marah atau merasa senang saat orangtua yang berada didekatnya bahagia. Bayi dapat merasa tenang dan senang apabila diajak bicara dengan suara lembut dan secara perlahan.

Itulah sharing singkat mengenai perkembangan satu bulan bayi saya . Untuk cerita lengkapnya, yuk tonton video berikut moms!