Growth

Anak Terjatuh, Jangan Langsung Panik!

Orang tua mana yang tidak cemas jika melihat bayinya jatuh dari tempat tidur, kursi atau apapun? Walaupun sudah dijaga, kadang-kadang sebagai orangtua tanpa disadari lengah dan akhirnya hal ini terjadi. Hal ini sangat beresiko karena bayi memiliki tubuh cenderung lebih lemah. Lantas, sebagai orangtua apa yang harus dilakukan ?

Beberapa hari lalu, hati saya sempat hancur dan tidak dapat berkata-kata lagi melihat Louisse terjatuh karena kehilangan keseimbangan dan mengakibatkan kepalanya berdarah. Kaget, sedih, bingung itu yang saya rasakan melihat anak saya menangis dengan keras tiada henti. Segala usaha saya lakukan untuk dapat menenangkan Louisse mulai dari menggendong, memberikan minum, membersihkan lukanya hingga dia tertidur.

Awalnya bingung apakah harus saya langsung bawa ke dokter atau tidak, namun saya berusaha untuk tenang dan melihat perkembangan dari Louisse. Saat tangisannya mulai berhenti dan dia mulai tenang, saya mulai mengajaknya bicara dan Louisse masih dapat meresponi saya. Akhirnya saya putuskan untuk membawanya kedokter di keesokan harinya, berharap kondisi nya dapat segera membaik. Dan kondisi Louisse pun cukup baik, saya hanya perlu menunggu lukanya kering karena terlihat cukup dalam namun tidak perlu sampai dijahit. Tangisan yang dikeluarkan Louisse mungkin adalah efek kaget saat dia terjatuh. Namun, sekarang dia sudah bisa tersenyum dan tertawa. Lega hati ini melihatnya.


Dari cerita memiluhkan ini, ada beberapa hal yang dapat saya pelajari sebagai ibu, diantaranya :

Jangan panik & tetap bersikap tenang
Terkadang, bayi menangis setelah terjatuh, buka berarti mengalami sakit ataupun gejala lainnya. Mungkin saja, ia merasa kaget akibat kejadian tersebut sehingga membutuhkan orangtuanya untuk membuatnya merasa nyama dan berhenti menangis. Moms dapat menenangkan si Kecil dengan menggendong, mengelus dadanya dan mengajaknya berbicara secara lembut.

Periksa apakah terdapat cedera atau luka
Langkah selanjutnya adalah periksa tubuh si Kecil apakah mengalami cedera, memar, ataupun berdarah terutama pada bagian kepala dan tulang belakangnya. Perhatikan juga apakah si Kecil mengalami kejang ataupun muntah setelah terjatuh. Apabilah terdapat pendarahan, maka secara pelan-pelan tekan dan bersihkan bagian tubuh yang berdarah dengan handuk bersih.

Obati jika terdapat benjol pada kepala si Kecil
Jika moms melihat benjolan pada kepala si Kecil, sebaiknya cepat kompres menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan air dingin. Kompres selama kurang lebih 2-5 menit. Apabila benjolnya tidak terlalu besar maka, akan mengempes dalam waktu yang cukup cepat. Apabila benjol tak kunjung hilang, ada baiknya moms konsultasikan ke dokter.

Apabila si Kecil alami kejang, muntah dan tidak sadarkan diri segera bawa dan konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan khusus.

Sekian cerita singkat saya, untuk cerita detailnya, yuk simak video berikut !