Motherhood

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Pedas?

Saya adalah salah satu orang yang sangat menyukai makanan pedas, karena kecintaan saya terhadap makanan pedas pernah membuat saya terdiagnosa mengalami usus buntu. Namun, apakah saya berhenti makan makanan pedas? Oh tentu tidak ya Moms. hehehe… Namun, semenjak saya hamil dan menyusui saya mengurangi makan makanan pedas karena beberapa hal. Kenapa? Yuk, simak cerita saya berikut ini!

Moms, kita tentu kerap mendengar saran dari orang tua maupun dokter yang menyebutkan bahwa saat sedang hamil maupun menyusui sebaiknya tidak makan makanan pedas. Terlepas hal ini mitos ataupun fakta ternyata ada benarnya juga lho.

Saat sedang dalam masa menyusui Louisse, saya sempat mengonsumsi makan makanan pedas. Namun, reaksi yang ditimbulkan adalah Louisse sempat alami diare dan mukanya menjadi merah seperti alergi. Di tambah lagi tidurnya tidak nyenyak dan menjadi rewel. Awalnya saya sempat bingung apakah saya salah makan atau Louisse sedang sakit. Akhirnya saya pun berkonsultasi dengan dokter dan disarankan untuk tidak makan makanan pedas selama masa menyusui.

Setelah mendengar saran dan mencari tahu tentang makanan pedas, saya baru mengetahui bahwa saat ibu menyusui makan pedas menyebabkan si Kecil menjadi diare adalah anggapan yang tidak selalu benar karenan kandungan di dalam makanan pedas sudah diolah menjadi senyawa lain dan ketika Moms mendapat si Kecil diare, mungkin hal ini disebabkan oleh alergi terhadap zat capsaicin di dalam cabai yang sudah tercampur di dalam ASI. Umumnya bayi dianggap mengalami diare apabila BAB lebih dari 3 kali dalam 1 hari dan terdapat perubahan kotoran, baik ada ampas ataupun cairan saja.

Lantas, apakah betul saat Moms makan pedas maka ASI yang dikonsumi oleh si Kecil adalah cairan pedas? Hal ini tentu adalah mitos ya Moms. Sebetulnya makanan apapun yang dikonsumsi oleh Moms menyusui juga akan dikonsumsi pula oleh si Kecil. Namun, makanan ini sudah diolah dan berubah menjadi cairan ASI walaupun dalam realitanya nutrisi dan juga rasa dari makanan pedas tersebut akan tetap didapatkan oleh si Kecil saat minum ASI.

Apabila moms tetap ingin makan pedas, tentu tidak menjadi masalah namun, tetap perhatikan kadar pedas yang moms konsumsi. Sesuaikan dengan kebutuhan ASI si Kecil. Apabila moms tetap mengonsumsi makanan pedas secara berlebih maka, si Kecil pun akan menjadi malas untuk menyusu, rewel, tidak tenang, tidur tidak nyenyak dan lain sebagainya.

Itulah cerita singkat saya mengenai makanan pedas, untuk cerita lengkapnya yuk, tonton video berikut!