Motherhood

Fakta Fakta Serangan Jantung yang Menimpa Ashraf Sinclair

Sebelumnya saya Lina Amelia turut mengucapkan turut berduka cita atas kepergian almarhum suami Bunga Citra Lestari yang telah meninggalkan keluarga-keluarga tercinta di tanggal 18 Februari 2020 kemarin. Almarhum dinyatakan meninggal karena gagal jantung, yang membuat banyak pertanyaan kenapa sih bisa gagal jantung, padahal almarhum adalah orang sehat dan rajin berolahraga.

Seperti yang kita ketahui bahwa sebelum almarhum terkena serangan jantung, dia telah melakukan banyak kegiatan yang mengakibatkan badannya kurang beristirahat. Lalu apa hubungannya dengan jantung kita? Berikut saya ingin memberikan fakta-fakta dan penyebab serangan jantung.

  1. Kesulitan tidur

Anda susah tidur dan suka insomnia? Hati-hati, karena biasanya orang-orang yang kesulitan untuk tidur biasanya memiliki masalah kesehatan. Dan biasanya masalah kesehatannya pada jantung. Dan biasanya orang yang kurang tidur atau tidak tidur memiliki tekanan darah yang tinggi dibandingkan orang-orang yang tidurnya normal. Apalagi jika kita memiliki gangguan tidur sleep apnea, dimana pernapasan sering berhenti selama tidur. Kondisi kita sering terbangun di malam hari ketika tertidur.

  1. Eksim / ruam kulit

Saya sendiri punya eksim yingkat berat ya moms, agak was-was juga. Menurut penelitian 48% penderita eksim memiliki tekanan darah yang tinggi dan 29% diantara memiliki kolestrol tinggi dan yang perlu kita ingat adalah tekanan darah dan kolestrol tinggi akan memicu masalah pada jantung kita.

  1. Sesak napas

Jika kamu sering sesak napas atau sering gemetaran, harus hati-hati, jangan-jangan kalian memiliki masalah kesehatan diantara paru-paru atau jantung. Jadi ketika kita sesak napas adalah dimana kondisi tubuh kita mendapatkan oksigen yang lebih sedikit daripada normal biasanya. Dengan kadar oksigen yang lebih sedikit akan membuat kerja jantung kita menjadi semakin lemah.

  1. Bekeringat berlebihan

Menurut penelitian keringat adalah indikator utama dimana kita bisa mengetahui seseorang memiliki masalah kesehatan dibagian jantung. Jadi jika misalkan kita berkeringat lebih banyak pada saat malam hari dibandingkan siang hari, itu harus hati-hati. Apalagi sampai kita sudah bangun tidur dan dan ranjang atau bantal kita masih dalam keadaan basah. Jika ada kejadian seperti itu segera konsultasi ke dokter.

  1. Dada terasa tertekan

Jika kita merasa sekali-kali dada kita terasa tertekan. Itu adalah tanda-tanda dimana kondisi jantung kita tidak menerima oksigen yang cukup.

  1. Jantung berdetak sangat kencang

Jantung yang sering berdetak kencang dinamai Aritmia Jantung, jika kita menemui konsisi seperti ini langsung konsultasi ya.

  1. Lengan sakit

Biasanya tanda awal serangan jantung itu kita akan merasakan lengan bagian kiri kita sakit. Ketik jantung kita sakit, sakitnya akan bergerak ke sumsum tulang belakang kita yang mengandung banyak saraf, dan otak kita akan merespon secara spontan darimana rasa sakitnya dan mengarah ke bagian lengan kiri sampai dada bagian kiri kita.

  1. Kehilangan napsu makan

Jadi stress adalah indikator pertama masalah jantung. Ketika kita stress maka kita akan kehilangan napsu makan, ketika kita sudah merasakan kehilangan napsu makan, susah mencerna makanan, dan bahkan mual. Itu artinya jantung kita lagi minta tolong.

  1. Kaki bengkak

Jadi ketika jantung tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya pembuluh darah bagian kaki kita akan mengeluarkan cairan yang menumpuk sehingga membuat kaki kita menjadi bengkak. Kondisi ini bisa terjadi apabila kita duduk terlalu lama.

  1. Kelelahan

Adalah tanda utama kita mengalami serangan jantung adalah kondisi badan yang cepat kelelahan.

  1. Batuk yang tidak berhenti

Ketika kita mengalami batuk terus menerus tapi kita tidak flu dan pilek, setiap hari tanpa henti adalah tanda utama kita memiliki masalah kesehatan jantung dan biasanya ini adalah penyakit kardiovaskular apalagi batuk kita ditandai dengan dahak warna merah muda.

Inilah fakta-fakta dan tanda-tanda  mengenai masalah pada jantung, yuk kita sama-sama menjaga kesehatan jantung kita dari dini, jangan sampai kita terkena jantung yang membuat kita meninggalkan orang-orang yang kita cintai. Jika sudah ada yang terkena segera diperbaiki dengan pola hidup sehat agar organ jantung kita tidak rusak lebih parah lagi.

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI