Covid 19 · Uncategorized

Cara Ampuh Cegah Virus Corona Tanpa Masker?

Siapa yang tidak panik ketika kita mendengan Indonesia sudah positif dengan virus corona. Saya pun juga deg-degan, panik dan stress karena saya sudah melihat bagaimana negara China dalam menghadapi virus ini, sampai dilakukan lock down juga ada perebutan bahan pangan besar-besaran yang terjadi di sana dan menjadi terbatas. Saya juga sempat ke tempat perbelanjaan dan benar saja sudah ada orang-orang terkena dampak panik dan langsung berbelanja dengan tidak memikirkan orang lainnya yang membutuhkan.

Bukan hanya bahan pangan yang habis tetapi juga masker, vitamin dan hand sanitizer. Terutama masker yang kebanyakan orang berfikir “jika saya tidak menggunakan masker maka saya akan dengan mudah terjangkit virus corona dan saya bisa mati” dengan pemikiran seperti ini banyak membuat orang-orang yang tidak bertanggung jawab menjadi penimbun masker di rumahnya. Bahkan yang menimbun itu orang kaya yang membuat masker itu menjadi langka dan menjualnya kembali dengan harga yang sangat mahal. Kenyatannya adalah harga masker setara dengan harga emas, 1 gram emas sekarang seharga Rp. 400.000 atau Rp. 500.000 untuk emas yang paling mahal hampir setara dengan harga 1 box masker.  Sebenernya di situasi sekarang ini masker tidaklah seratus persen dapat menangkal virus korona, berikut penjelasannya.

Yang Pertama ada yang namanya masker bedah, dan ini adalah masker yang paling umum kita lihat di tempat-tempat umum. Namun masker bedah ini memiliki kekurangan yaitu agak longgar di sisi-sisinya, sehingga memungkinkan partikel kecil atau udara masuk melalui sisi tepi masker. Lalu masker ini hanya mampu menangkap virus yang berukuran 5 mikro.

Kedua adalah masker N95 3M, Masker N95 juga disarankan untuk mencegah penularan virus Corona. Masker yang cenderung lebih mahal dari masker bedah ini tidak hanya mampu menghalau percikan air liur saja, tapi juga partikel kecil yang berukuran 0,3 mikro di udara yang mungkin mengandung virus, Walaupun daya lindungnya lebih baik, masker N95 tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari. Hal ini disebabkan desainnya yang membuat orang yang memakai bisa sulit bernapas, gerah, dan tidak betah memakainya dalam jangka waktu yang agak lama.

Jadi masker hanyalah salah satu media pencegahan dari virus corona dan berikut adalah tips untuk kita terhindar dari virus korona tanpa menggunakan masker :

  1. Hindari keramaian atau keluar rumah, jadi untuk sementara kita jangan keluar rumah kecuali untuk keperluan yang mendesak seperti membeli keperluan bahan pangan tau memang diharuskan bekerja di luar.
  2. Hindari untuk memegang mata, hidung, dan mulut. Karena waktu kita di luar kita tidak sadar sudah memegang apa dan kita tidak tau bahwa virus itu sudah menempel pada tangan kita.
  3. Ketika kita sudah sampai rumah atau kantor jangan lupa untuk cuci tangan pak hand sanitizer / sabun.
  4. Makan makanan yang sehat, jangan makan junk food yang membuat tubuh menjadi rusak dan mumbuat daya tahan tubuh menjadi lemah. Makan asupan yang sehat agar daya tahan tubuh kuat.
  5. Jangan ketemu orang sakit, bukan bermaksud jahat dengan tidak menjenguk teman atau sodara yang sedang sakit tapi lebih baik melakukan social distancing.
  6. Yang terakhir adalah jangan panik, jangan stress, karena semakin kita panik itu membuat daya tahan tubuh kita melemah dan gampang terserang penyakit.

Jadi jika kita dalam keadaan sehat seharusnya kita tidak perlu menggunakan masker karena keadaan masker yang melonjak saat ini, dan yang seharusnya menggunakan masker adalah orang yang sakit. Mau itu hanya batuk biasa atau flu, karena kita tidak tahu sebenernya hanya flu dan batuk biasa atau corona sebab gejala pada setiap orang berbeda-beda. Kita menggunakan masker juga untuk melindungin orang-orang yang kita cintai ya moms. cintai diri sendiri dan cintai sesama dengan menggunakan masker ketika kita sakit.

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI