Covid 19

Virus Corona Bisa Hidup Menempel di Barang-barang, Mitos atau Fakta?

Benarkan bahwa virus corona bisa menempel pada benda? Dan jika menempel berapa lama sampai virus itu menghilang? Nah moms kali ini saya mau membagikan informasi mengenai pertanyaan-pertanyaan di atas. Jadi menurut penelitian dari Universitas Kedokteran Jerman mengatakan, bahwa virus corona ternyata bisa menempel permukaan benda. Jadi benda-benda yang di sekitar kita, yang terbuat dari plastik, metal, dan kaca bisa menjadi tempat menempelnya virus corona lho moms.

Bahkan ada penelitian yang menunjukan bahwa virus corona bisa bertahan lima sampai sembilan hari di permukaan benda mati, jadi variasi waktunya tergantung dari jenis virus coronanya tersendiri dan kondisi lingkungan yang bisa membuat virus itu bertahan lama. Jadi semakin dingin dan lembabnya tempat tersebut jadi semakin lama virus itu bisa bertahan di sana.

Masa sih virus corona bisa menempel pada benda mati? Penjelasannya adalah seperti ini. Ketika ada seorang yang sudah terkena virus corona batuk atau bersin dan mengeluarkan cairan droplet dan menempel pada permukaan benda-benda mati yang ada di sekitarnya. Dan dengan tidak sengaja orang memegang benda tersebut lalu memegang mukanya atau makan dengan tidak mencuci tangan terlebih dahulu, dan tertular.

Itulah kenapa kita harus sering menjaga kebersihan diri kita dengan mencuci tangan dan jangan sembarangan menyentuh daerah-daerah muka kita dengan sembarangan. Di China sendiri virus corona diprediksi akan selesai saat musim panas tiba, karena corona tidak dapat bertahan lama di suhu yang panas. Semoga pandemi virus corona ini segera berakhir ya moms ingat terus menjaga kesehatan.