Covid 19

Wabah Corona Muncul (Masker Langka dan Mahal) Wajar Gak Sih?

Artikel ini dibuat sebelum pandemi corona masuk di negara kita tercinta Indonesia. Dan artikel ini adalah untuk menjelaskan mengapa masker menjadi langka dan sangat mahal ketika munculnya wabah corona di negara China.

Masker yang menjadi mahal dan langka menjadi pembicaraan banyak orang. Banyak yg bertanya-tanya apa yang terjadi sehingga harga masker menjadi langka dan sangat mahal? Padahal corona belum ada di Indonesia.

Faktanya jumlah orang yang terinfeksi di negara China setiap harinya semakin bertambah. Setiap hari korban yang meninggal juga semakin bertambah, sedangkan obat atau faksin untuk virus corona masih dalam tahap pengembangan.

Jumlah penduduk China pada tahun 2017 terdapat 1,4 miliar jiwa dan sampai hari ini pasti semakin bertambah. Dengan jumlah sebanyak itu dan virus corona yang sudah menyebar di seluruh kota di China. Satu orang akan mudah menyebarkan ke sekelilingnya dan begitu terus akan menyebabkan peningkatan korban yang begitu pesat.

Dengan penyebaran yang begitu pesat, otomatis membuat penduduk di China panik dan yang mereka lakukan adalah membeli masker. Mau harganya berapapun pasti dibeli, sedangkan pada saat itu stock masker tidak banyak. Dengan adanya permintaan yang meledak dan kondisi kekurangan masker, otomatis membuat banyak pedagang ingin menganbil keuntungan yang tidak wajar.

Terdapat 1 kasus toko di China yang menjual harga masker enam kali lipat pada harga umumnya. Dan diketahui oleh pemerintah China dan memberikan hukuman dan denda kepada toko itu. Di China sendiri memberikan pelayanan pengobatan gratis kepada orang-orang yang terkena virus corona atau orang-orang yang sedang tahap pengecekan.

Bahkan pemerintah China sampai membangun rumah sakit di Wuhan khusus untuk para orang-orang yang terinfeksi corona yang dimana rumah sakit ini dapat menampung sampai 1.000 pasien. Dan dibangun hanya dalam waktu 6 hari.

Setelah di China penyebaran terjadi di berbagai negara lain dan salah satunya adalah di Singapore, sama halnya terjadi kepanikan di Singapore dimana banyak orang-orang yang langsung membeli banyak masker untuk mereka gunakan sebagai penanganan mencegah virus corona.

Dari China sampai Singapore kekurangan banyak permintaan masker yang dimana banyak dari relawan di Indonesia yang memberikan bantuan berupa masker yang di kirim langsung ke China dan Singapore. Yang membuat persediaan masker di Indonesia semakin berkurang. Dan banyak oknum-oknum yang mengambil keuntungan dari menjual masker ini.

Bukannya saya bilang tidak boleh untuk meraup keuntungan jika ada kesempatan tapi bukan bearti bermain harga untuk menyelamatkan nyawa orang banyak. Bagaimana dengan orang-orang yang berkekurangan dan tidak sanggup membeli masker? Bagaimana jika corona masuk di Indonesia.

Bukan saya mau menggurui, tapi di tengah keadaan bencana seperti ini jangan cuma karena ingin keuntungan yang cukup besar kita membiarkan saudara-saudara kita, orang-orang di sekitar kita yang tidak mampu membeli masker harus kesulitan untuk menemukan masker dan tidak bisa melindungi dirinya dari virus corona.

Mari kita semua yang sudah membaca artikel ini, siapapun kamu, yuk sama-sama kita gunakan keadaan ini dengan bergandeng tangan, berbagi dan membantu satu dengan yang lain.

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI