Covid 19

Perbedaan Masker Bedah VS Masker N95

Semenjak mewabahnya virus corona, kita diharuskan untuk menggunakan masker jika kita mau melakukan kegiatan di luar rumah. Masker sempat menjadi salah satu barang yang langka dan mahal, karena begitu banyak permintaan akan kebutuhan masker.

Namun masker apa yang seharusnya kita gunakan untuk menangkal virus corona? Apakah masker bedah atau masker N95 yang ramai dibicarakan? Berikut perbedaan antara masker bedah dan masker N95

  1. Masker Bedah

Kita mulai dari harganya per box kurang lebih Rp. 18.500 per box, dan dalam 1 box terdapat 50 masker. Terbuat dari kain bagian depan bewarna hijau dan bagian dalam bewarna putih dan pada bagian ke 2 sisinya terdapat karet yang biasanya kita tancapkan ke telinga kita.

Cara pemakaian yang benar adalah yang bagian hijau di luar dan putih di dalam. Bagian hijau berfungsi sebagai waterproof untuk menangkal virus masuk ke saluran pernapasan kita. Sedangkan bagian putihnya berfungsi untuk penyerapan.

Cara mambuka masker yang benar adalah dari salah satu karet yang menyantel pada telingan kita, jangan pegang bagian hijaunya karena di situ banyak virus yang menempel

Kekurangan dari masker bedah adalah terlalu elastis jadi ditakutkan virus bisa masuk dengan mudahnya tapi nyaman untuk dipakai berjam-jam.

  1. Masker N95

Harga masker N95 Rp 9.000 per satuan, memang lebih mahal dibandingkan masker bedah. Bentuknya setengah bulat dan solid dari bagian samping dan hidung. Bahannya juga lebih kaku dibandingkan masker bedah, juga terdapat karet.

Cara pemakaian masker N95 adalah bagian yang ada kawatnya itu untuk hidung kita dan karetnya kita cantelkan di belakang kepala kita. Yang menjadi perbedaan ketika di gunakan, masker N95 lebih menutup semua area pada hidung dan mulut kita sampai-sampai sedikit kesulitan bernafas.

Masker N95 ini dapat menangkal mikroorganisme partikel terkecil sebanyak 95% lho moms. Dari semua bagian rapat tidak terdapat cela. Jadi tidak disarankan untuk orang tua, ibu hamil, dan anak-anak yang memiliki masalah kesehatan pernapasan karena volume udara sangat berkurang karena sangat padat.

Kedua masker di atas bagus untuk digunakan, dan sama-sama bisa menangkal virus masuk lewat saluran pernapasan. Untuk pemakaian sehari-hari lebih dianjurkan menggunakan masker bedah ya moms. Karena dari segi kenyaman bisa digunakan sampai berjam-jam dan tidak menggangu pernapasan kita.

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI #VirusCorona #CoronaVirus