Motherhood

ANAK SAKIT SUSAH MAKAN? INI SOLUSI AMPUHNYA!

Pasti pernah ya kalau anak sakit dan jadi rewel dan nangis terus. Kita sebagai orang tua pasti paling pusing ketika anak kita sakit. Untuk anak kita cepat sembuh adalah dengan banyak makan agar kondisinya cepat membaik melalui asupan nutrisi makan yang dia terima. Namun bagaimana keadaanya jika baby kita sudah makan? Jika dalam keadaan sehat saja susah makan bagaimana ketika dia sakit dan rewel?

Sama halnya dengan kita orang dewasa yang jika sakit flu atau diare pasti mulut kita pahit kan moms, begitu juga dengan si kecil yang belum bisa berkomunikasi dengan kita yang bisanya hanya menangis. Nah bagaimana sih kita perlakukan anak kita agar dia tetap mau makan pada saat dia lagi sakit? Berikut tips-tipsnya :

  1. Memberikan makanan yang bergizi

Jadi yang harus kita ingat nasi dan daging bukanlah makanan yang harus dimakan oleh anak kita, masih banyak makanan-makanan lain yang dapat memenuhi nutrisi dan kalori si kecil. Seperti Jus buah-buahan.

  1. Porsi sedikit namun sering

Jadi kita sebagai orang tua tidak bisa memaksa anak kita untuk makan banyak sekaligus ketika anak kita sakit, yang benar adalah tetap memberikan makan sedikit- sedikit namun dengan frekuensi yang sering.

  1. Buat kondisi makan menyenangkan

Seperti baby Uwi yang sedang sakit akan marah jika duduk di kursi makannya, akan rewel. Maunya duduk di mobil-mobilannya. Jadi kita harus turuti kemauan anak kita mau ketika sakit karena sedang manja-manjanya.  Yang penting baby happy dan mau makan.

  1. Beri makanan kesukaan si kecil

Jadi kita memberikan makanan kesukaan anak kita ya moms, seperti baby Uwi yang kemarin mogok makan, tapi Uwi suka roti dan pisang jadi saya berikan dan dia makan dengan lahap.

  1. Beri makanan yang bertekstur lunak

Ketika anak kita sedang sakit, kita tidak bisa memberikan makanan yang keras dan padat karena mulutnya terasa pahit, apalagi ketika dia mengunyah pasti tidak mau. Berilah bubur yang lunak agar mudah dimakan.

  1. Beri makanan yang hangat

Ketika kita kasih makanan yang dingin pasti si kecil tidak mau makan, beri makanan hangat agar melegakan bagian tenggorokan si kecil, apalagi si kecil sedang batuk berdahak.

  1. Berikan cairan yang cukup

Karena ketika si kecil sakit banyak cairan tubuh yang keluar memalui lendir, air mata, dan keringat. Jangan sampai anak kita dehidrasi. Kalian juga bisa memberi sedikit madu dan air hangat untuk anak kita mau minum.

  1. Berikan susu

Memberi susu kepada anak ketika sakit adalah yang terpenting, karena pada saat anak kita sakit, dia membutuhkan nutrisi dan gizi yang lengkap dibandingkan dia hanya makan sedikit lebih baik kita berikan susu dan membantu proses penyebuhan si kecil.

  1. Berikan obat kepada anak kita

Kita harus terus memperhatikan waktu makan obat pada si kecil jangan sampai salah, perhatikan apakah sebelum makan atau sesudah makan pemberian obatnya. Ikuti anjuran dokter.

Inti dari semua tips di atas adalah kita harus SABAR, karena sabar adalah kunci dari semuanya. Sabar dan amati perkembangan pada anak kita, dan jangan sampai si kecil dehidrasi. Walaupun kita cape tapi tetap sabar.  Semoga tipsnya bermanfaat dan see you di next Curcol Yuk Moms.  

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI