Motherhood

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Pada Bayi dan Anak Anak

Baby Uwi sakit, sudah 5 hari nangis terus. Baby Uwi batuk berdahak dan tidak bisa tidur dengan nyenyak, setiap 1 jam sekali bangun bahkan sempat sepuluh menit sekali terbangun. Sudah ke dokter juga, kata dokter hanya batuk biasa karena sedang musim hujan tapi siapa yang tidak kasian melihat anak kita yang terus menerus menangis, dan risih sampai tidak bisa tidur dengan nyenyak. Bagaimana ya cara menghilangkan dahak dalam batuk baby kita? Nah berikut beberapa tips untuk menhilangkan dahak pada batuk si kecil :

  1. Fakta Pertama : Kok Anakku Batuk Pilek
Human Rhinovirus

Jadi batuk ini bisa dialami oleh semua orang, entah itu anak-anak ataupun orang dewasa. Batuk pada anak adalah reaksi alami dalam tubuh untuk mengeluarkan kotoran, kuman dan virus dari saluran pernapasan kita. Contoh mata mata keluar belek, hidung keluar ingus, dan tenggorokan keluar dahak. Biasanya batuk ini disebabkan oleh Human Rhinovirus (HRV)

  1. Fakta Kedua : Penyebab Anak Bisa Batuk Pilek (Bapil)

Anak kita bisa bapil karena salah satu adalah karena daya tahan tubuhnya yang lemah, jadi bisa gampang sakit. Apalagi suka pergi yang ramai orang yang mudah menepa dan musim hujan. Virus yang masuk kedalam tubuh anak kita biasanya ada masa inkubasinya 2 sampai 3 hari yang menunggu ketika antibodi si kecil mampu tidak melawannya, dan jika tidak kuat melawannya ya sakit deh.

  1. Fakta Ketiga : Gejala Dari Bapil

Jadi gejala bapil pada anak dan orang dewasa itu sama ya moms. Gejala umumnya adalah demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, sakit perut, badan pegal-pegal, mata berair, dan bisa hilang napsu makan. Jika kita sudah melihat gejala-gejala ini pada anak kita, buru-buru kita berikan antibodi biar tidak makin parah ya moms.

  1. Fakta Keempat : Cara Sembuh Dari Batuk Dahak

Nah tidak selalu obat ya moms yang bisa membuat anak kita sembuh dari batuk dahak, moms bisa memberikan Asi kepada baby kita, karena Asi adalah obat terbaik untuk anak kita, karena Asi sendiri memiliki kekebalan tubuh yang dapat memperkuat daya tahan tubuh si kecil untuk melawan infeksi kuman atau virus berbahaya. Bahkan Asi sangat baik untuk mengencerkan dahak dan melegakan tenggorokan si kecil.

Cara kedua adalah teteskan obat Saline, ini adalah obat tetes hidung yang terbuat dari larutan garam steril yang khusus untuk membantu anak kita ketika sedang bapil, apalagi sedang banyak ingus ya moms. Caranya gampang banget, kita baringkan anak kita lalu teteskan sampai 3 tetes ke hidung anak kita, kemudian diamkan selama 30 detik. Hasilnya upil-upilnya agak mengeras jadi bisa bernapas lebih lega daripada sebelumnya.

Cara ketiga adalah dengan memberikan uap pada anak kita, dengan cara menyemprotkan uap yang cukup panas kepada wajah anak kita untuk anak kita hirup yang berguna dapat melegakan tenggorokan dan mengencerkan dahak.

Cara keempat adalah dengan mandikan dengan air hangat, ingat ya moms jika anak kita sedang bapil bersihkan anak kita dengan air hangat jangan dengan air dingin, nanti makin sakit. Dan jangan lupa menggunakan humidifier agar membantu saluran pernafasan anak kita ketik bapil.

Cara kelima kita bisa memberikan minuman hangat kepada baby kita jika anak kita dibawah 1 tahun jangan diberikan yang ada madunya ya moms. Jika sudah diatas 1 tahun boleh campurkan madu ke air hangatnya untuk melegakan bagian tenggorokan.

Cara terakhir adalah posisikan bantal lebih tinggi kepada anak kita agar baby kita bisa bernafas dengan lega , tapi untuk anak yang sudah berumur 1 tahun ke atas ya moms.

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI