Covid 19

Keadaan Seluruh Kota CHINA (sepi tidak ada mobil dan orang)

Pada akhir Desember lalu, kasus COVID-19 pertama kali dilaporkan di Wuhan. Perlahan-lahan jumlah warga yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona tersebut mulai meningkat pesat. Sekitar 23 Januari, pemerintah pusat di Beijing memutuskan memberlakukan lockdown di 11 kota, salah satunya Wuhan.

WUHAN, CHINA – JANUARY 17: (CHINA OUT) A man wears a mask while riding on mobike past the closed Huanan Seafood Wholesale Market, which has been linked to cases of Coronavirus, on January 17, 2020 in Wuhan, Hubei province, China. Local authorities have confirmed that a second person in the city has died of a pneumonia-like virus since the outbreak started in December. (Photo by Getty Images)

Sekitar 11 juta warga diwajibkan untuk tinggal di rumah. Semua bisnis dan fasilitas publik dihentikan. Aktivitas bepergian dibatasi. Ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang menjangkit lebih dari 80.000 orang di Tiongkok. Dari total 3.335 kematian di seluruh negeri, sebanyak 3.212 di antaranya terjadi di Provinsi Hubei.

Keadaan kota wuhan pasca lockdown terlihat seperti kota mati tanpa adanya aktivitas di setiap sudut kota. Tidak ada transportasi umum yang beroperasi . Semua penerbangan keluar dari Wuhan dibatalkan, begitu pula kereta api. Sistem transportasi dalam kota pun dihentikan. Tapi banyak ahli pesimis bahwa langkah ini sudah terlambat.

Perbatasan kota dijaga ketat, total 13 kota lain di China kini juga dalam status lockdown. Persebaran virus makin mengkhawatirkan karena bertepatan dengan masa liburan Imlek saat orang-orang China banyak bepergian. Semua acara besar perayaan Imlek di seluruh China dibatalkan, orang-orang disarankan menghindari kerumunan dan terus memakai masker. Sementara di Wuhan, warga berusaha hidup dalam karantina.

Sementara rumah sakit-rumah sakit di Wuhan dikabarkan kewalahan menangani pasien-pasien yang terus berdatangan. Pemerintah China dilaporkan telah mengirimkan ratusan dokter militer ke Wuhan. Bukan cuma personil medis, pemerintah China langsung menginstruksikan pembangunan rumah sakit yang diperkirakan akan selesai dalam beberapa hari ke depan.

Semoga saja Wuhan bisa cepat pulih dari keadaan dan semua warga mentaati semua peraturan yang ada agar tidak bertambahnya lagi korban jiwa, mari kita semua sama-sama bergandeng tangan dalam membantu sesama kita di tengah pandemi corona ini.