Covid 19

WUHAN CHINA SEPERTI KOTA MATI “GHOST TOWN” DAN KEHABISAN BAHAN MAKANAN

Jadi seperti yang sudah kita ketahui dari pemerintah di media sosial, bahkan dari teman-teman dan saudara kita bahwa dunia kita sedang menghadapi masalah kesehatan yang sangat serius, yaitu virus corona.  Virus corona menjadi salah satu tantangan di tahun 2020 yang dimulai menjelang hari raya Imlek dimana banyak dokter yang sudah mencari obat atau vaksin untuk virus ini.

Seperti yang dilansir sebelumnya virus corona ini dpercaya berasal dari kota Wuhan di China dari sebuah pasar yang dimana diduga menjual dan membeli binatang-binatang secara ilegal. 3 binatang yang dipercaya membawa virus ini adalah kelelawar, tikus dan ular. Dari tanggal 24 Januari pemerintah China menetapkan lock down untuk kota Wuhan.

Selain itu pemerintah China juga mengeluarkan kebijakan dimana semua penerbangan, transportasi darat, laut, dan udara semua di berhentikan sementara waktu agar tidak memperbesar penyebaran virus corona yang lebih luas lagi.

Memang pemerintah China terkenal karena ketegasannya ya. Apa yang diperintahkan harus dilakukan. Saya teringat satu film zombie korea yang mengharuskan lock down karena wabah zombie tersebut yang dimana yang masih hidup harus bertahan hidup ditengah zombie-zombie tersebut. Keadaan ini sama seperti di kota Wuhan dimana terdapat 11 juta jiwa penduduk di sana yang harus bertahan hidup di tengah-tengah pandemi corona ini.

Status lock down untuk kota Wuhan ini bertepatan dengan malam tahun baru Imlek yang dimana banyak keluarga yang biasa berkumpul untuk makan malam bersama sampai tidak bisa berkumpul. Mereka tidak bisa kemana-mana. Bahkan semakin menipisnya persediaan makanan bagi mereka, kondisi kota Wuhan tak kuasa menahan tangis mereka hanya bisa menjerit di dalam hati.

Keadaan kota Wuhan sekarang sunyi sepi tidak ada orang di jalanan sedikitpun. Bahkan pemerintah China menerapkan kebijakan dimana setiap orang harus menggunakan masker baik di dalam rumah atau di luar rumah. Jika tidak menggunakan masker dianggap dengan melawan hukum dan akan di hukum sesuai hukum yang berlaku di China.

Pemerintah China juga menganjurkan menyetok makanan di rumah sebanyak-banyaknya dan tidak keluar rumah jika tidak mendesak. Dan jika kita harus keluar rumah makan di tempat-tempat umum mereka harus di cek terlebih dahulu temperatur suhu badan mereka sebelum masuk. Jika ditemukan temperatur badan yang tinggi akan disediakan mobil box untuk mengisolasi mereka yang terkena virus corona.

Untuk para warga asing yang tinggal di sana seperti pelajar yang harus menetap di asrama mereka tetap mendapatkan cadangan makanan tapi keadaan di sana makin genting karena semakin tipisnya stok persediaan makanan. Dari setiap sudut kota di tempat umum dan penting seperti bandara banyak sekali mobil-mobil polisi yang berjaga jika sampai terjadi status genting mereka bisa langsung melaporkan ke warga setempat.

Baik warga China dan warga asing yang menerap di sana tidak boleh melakukan aktivitas apapun dan jika melihat orang-orang yang memiliki ciri-ciri terinfeksi segera malporkan dan ada mobil yang akan membawa orang itu untuk segara di isolasi. Ini situasi yang sangat genting ya moms, karena penyebaran corona ini sangat cepat. Bahkan kota Huanggang juga ikut ditutup untuk meluasnya penyebaran yang ada.

Sebenarnya virus corona ini sudah terdeteksi dari tanggal 31 Desember 2019 tapi belum langsung dianggap serius dan banyak orang-orang yang menutupinya, termasuk orang-orang di kota Wuhannya sendiri. Per tanggal 5 Januari 2020 sudah 59 orang yang terinfeksi dan baru dianggap berbahaya. Orang-orang baru melaporkan hal ini ke pemerintah China per tanggal 23 Januari 2020 sehingga penanganan untuk memperkecil penyebarannya telat dilakukan.

Yuk kita sama-sama bantu agar penyebaran virus ini tidak semakin meluas, dengan stay at home dan jangan keluar rumah jika tidak pentin-penting sekali. Semoga obat atau vaksin dari virus ini juga segera ditemukan, Stay safe semua.

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI