Motherhood

Waspada Belekan Pada Bayi (Penyebab dan Cara Penyembuhan Alami)

Baby Uwi belekan, jadi beberapa hari ini kurang lebih 4 hari baby Uwi belekan. Saya lihat beleknya banyak sekali, kuning-kuning ketara sekali. Awalnya hanya satu mata sekarang sudah merambat ke dua matanya. Matanya juga agak sedikit merah dan bagian kelopak matanya bengkak.

Jadi sebenernya belekan itu apa sih? Belekan adalah gabungan dari lendir, minyak, sel kulit dan kotoran lain yang menumpuk di sudut mata yang biasanya di produksi oleh baby kita atau si kecil pada saat dia bobo.

Kita sebagai moms pasti khawatir melihat anak kita bisa belekan banyak. Tapi sebelum panik kita cari tau penyebabnya si kecil bisa belekan.

  1. Penyumbatan saluran air mata

Jadi biasanya penyumbatan saluran air mata ini adalah hal yang normal dan biasanya terjadi pada baby yang baru lahir. Pengalaman baby Louisse, pernah belekan ketika baru new born, waktu umur satu sampai dua bulan sering banget waktu baru bangun tidur sedikit susah untuk membuka mata.

Kenapa baby new born yang lebih sering belekan? Karena waktu dia baru lahir otomatis organ tubuh dia belum berkembang dengan sempurna dan salah satunya saluran air mata.

Jadi penyumbatan ini karena terlambatnya pembukaan saluran air mata si kecil yang harusnya mengalirkan air mata ke permukaan mata tapi malah tertumpuk ke bagian sudut mata yang menyebabkan belek ketika si kecil bangun tidur.

Jika terjadi belekan moms tidak perlu khawatir ya karena itu hal yang normal, tapi yang perlu di khawatir kan adalah jika belekannya terjadi sampai berbulan-bulan, langsung konsultasikan ke dokter ya moms.

  1. Infeksi pada mata si kecil

Ini penyebab yang harus kita khawatir kan. Infeksi ini biasanya terjadi pada saat seorang ibu menjalankan persalinan secara normal. Ketika seorang ibu melahirkan secara normal maka infeksi atau bakteri akan lebih mudah terserang kepada si kecil. Apalagi pada saat mau melakukan persalinan mengalami infeksi. Infeksi ini disebut Gonore atau Herpes dan harus cepat di tangani karena jika tidak bisa menyebabkan kebutaan pada si kecil.

  1. Si kecil Alergi

Baby Uwi termasuk di dalamnya karena baby Uwi sangat mudah alergian. Alergi ini bisa dikarenakan debu, atau alergi zat-zat tertentu sehingga menyebabkan alergi pada bagian mata.

Untuk Alegri ini dapat kita lihat indikasi yang lainnya adalah disertai mampet pada hidung, mata berlendir, merah dan bengkak. Kalau saya merasa air di tempat saya tinggal lagi kotor dan berasa asin sekali. Mungkin baby Uwi tidak cocok dengan air.

  1. Infeksi Sinus

Biasanya dicirikan lendir pada matanya berwarna kekuning-kuningan dan kehijauan, matanya merah, dan bengkak.

  1. Konjungtivitis

Penyakit konjungtivitis ini adalah penyakit yang sering disebut masyarakat dengan sakit mata. Penyakit ini disebabkan oleh adanya pembengkakan di lapisan bening yang menutupi mata dan kelopak.

Konjungtivitis dapat dibedakan menjadi dua, yaitu konjungtivitis yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Pada konjungtivitis karena bakteri, belekan biasanya berwarna kekuningan atau kehijauan diikuti dengan mata yang kemerahan dan membengkak.

Sedangkan pada konjungtivitis karena virus, kotorannya berwarna putih atau jernih pada satu mata dan dapat menyebar pada mata lainnya.

Nah setelah mengetahui penyebab-penyebab anak kita belekan, semoga moms ga tidak langsung panik ya, kenali gejalanya dan lakukan dengan penanganan yang tepat. Berikut adalah cara-cara untuk menghilangkan belek pada mata si kecil :

  1. Madu

Hasil lebah yaitu madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Madu murni bisa moms gunakan untuk mengobati mata belekan pada anak.

Salah satu caranya adalah dengan mengoleskan madu murni pada area sekitar kelopak mata. Diamkan beberapa saat hingga agak kering kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Cara ini efektif untuk meredakan mata yang lelah karena belekan atau iritasi, dan menghilangkan belekan dalam waktu yang relatif singkat.

  1. Daun Sirih

Mengobati mata belekan dengan daun sirih juga bisa dilakukan untuk mengurangi bakteri dan kotoran yang kemungkinan sering keluar melalui ujung mata ya moms.

Daun sirih mengandung anti kuman dan berfungsi sebagai pereda lelah alami bagi mata yang merah karena disebabkan oleh infeksi. Untuk mengatasinya moms perlu melakukan langkah sebagai berikut:

Sediakan beberapa lembar daun sirih, cuci bersih dan rebus.

Air rebusan daun sirih bisa disaring dengan memakai kain kasa untuk mendapatkan hasil saringan yang jernih.

Kemudian gunakan air saringan yang jernih tersebut untuk membasuh area mata. Mama bisa juga meneteskannya pada mata anak sebanyak 1 tetes (jangan lebih) pada mata seperti menggunakan obat tetes mata.

Rasanya akan lebih perih dan bisa mereda selama beberapa menit.

  1. Kentang

Kentang selain lezat untuk diolah sebagai masakan, ternyata memiliki khasiat untuk menyembuhkan mata belekan lho moms!

Penasaran?

Berikut langkah pengobatan mata belekan menggunakan kentang:

  • Sediakan kentang ukuran sedang 1 butir saja
  • Kupas dan cuci bersih kentang, kemudian blender kentang hingga menjadi jus
  • Gunakan jus kentang yang sudah halus tersebut untuk mengompres mata

Cara mengobati mata belekan dengan jus kentang ini sangat efektif untuk meredakan rasa sakit pada area mata dan mengurangi bengkak yang kemungkinan disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada mata.

  1. Ketimun

Ketimun memang segar jika digunakan sebagai masker wajah. Hal tersebut juga berlaku bagi Mama yang ingin mengobati mata belekan pada anak dengan mentimun.

Mama hanya perlu menyediakan ketimun segar tanpa dikupas dan menempelkannya pada mata anak yang tertutup.

Cara ini efektif sebagai antioksidan alami yang membantu mata dalam proses penyembuhan serta menyegarkan mata yang perih akibat iritasi.

  1. Air Hangat

Air hangat memiliki fungsi yang penting dalam tubuh. Pasalnya, air hangat merupakan pengontrol sirkulasi darah, peluntur lemak alami, dan satu manfaat yang tidak kalah penting adalah membantu meredakan nyeri pada mata belekan.

Mata yang belekan cenderung merasakan sakit dan perih pada saat tertentu terutama saat mata terbuka. Oleh sebab itu, Mama bisa meredakan nyeri tersebut dengan memakai air hangat.

Terapi air hangat untuk mata belekan dilakukan dengan mengompres mata menggunakan air hangat. Mama hanya perlu menyediakan air hangat dan celupkan handuk bersih pada air tersebut.

Peras handuk dan kompres mata anak dengan kondisi tertutup dengan handuk hangat. Pastikan juga agar handuk dan tangan tetap steril.

Nah, itulah beberapa informasi penting mengenai penyebab belekan pada anak beserta cara mengatasinya dengan bahan alami.

Semoga bermanfaat dan dapat menjawab segala keresahan moms ya.

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI