Covid 19

CORONA VIRUS BISA DISEMBUHKAN?

Apakah Corona Virus bisa disembuhkan? Pertanyaan ini menjadi hal yang sangat penting bagi teman – teman yang sekarang sedang merasa khawatir. Baik teman – teman yang berada di dalam maupun di luar negeri, yang juga sedang sekolah, kuliah, maupun bekerja di China. Di China, Corona Virus sudah memasuki kurang lebih 835 kasus dengan angka kematian kurang lebih 20 orang, dan masih banyak pasien kritis yang masih berjuang melawan Corona Virus ini.

Sebelum membahas lebih jauh apakah Corona Virus dapat disembuhkan, perlu saya ingatkan kembali ya moms, apa dan bagaimana sih sebenarnya penyebaran Corona Virus itu di Indonesia? Corona Virus dikenal sebagai 2019 – NCOV Corona Virus atau COVID – 19. COVID-19 adalah virus yang menyerang sistem pernafasan kita. COVID-19 bukan semata – mata hanya penyakit flu ringan atau demam pada umumnya, melainkan penyakit yang memiliki kemampuan tinggi untuk menyebabkan terjadinya hal fatal di bagian pernafasan kita.

Menurut Menteri Kesehatan, saat ini di Indonesia sudah melakukan siaga 1 menghadapi COVID-19. Indonesia sudah menerapkan peraturan untuk 135.000 pintu masuk baik di darat, udara maupun laut agar mengeluarkan alat pemindai suhu tubuh atau yang biasa dikenal dengan nama Termoscanner sebagai upaya pencegahan utama agar masyarakat yang infected oleh COVID-19 dapat segera dilakukan inkubasi dan tidak menyebarkan virus tersebut semakin luas.

Kemudian, bagaimana penyebaran COVID-19 ini bisa terjadi?

Pertama, virus COVID-19 akan masuk terlebih dahulu melalui saluran pernafasan kita, setelah terhirup melalui hidung, virus akan masuk ke tenggorokan, kemudian meresap ke paru – paru. Ketika virus COVID-19 sudah masuk ke paru – paru, virus itu sudah otomatis akan langsung menyerang bagian paru – paru yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan atau yang biasa dikenal dengan sebutan Peneumonia. Ketika Pneumonia terjadi, kegiatan pertukaran oksigen di paru – paru akan terhambat dan lama kelamaan menyebabkan pasien yang terinfeksi akan kesulitan bernafas dan kesulitan melakukan aktifitas karna adanya mikroba atau bakteri lain yang semakin memakan atau menggerogoti paru – paru pasien tersebut.

Penyebaran COVID-19 adalah melalui udara. Sebagai simulasi, ketika pasien yang terinfeksi virus ini, kemudian mengalami pertukaran udara, dan di saat yang bersamaan kita sedang berada di sekitar pasien tersebut, lalu secara tidak sadar udara dari pasien tersebut terbang dan terhirup oleh hidung atau mulut kita, maka secara otomatis kita juga akan terinfeksi oleh COVID-19.

Kemudian, apa saja gejala dari COVID-19, moms? Gejala dari virus ini sangat ringan, diawali dengan flu kemudian demam selama beberapa hari hingga di titik 38⁰C. Ketika virus ini semakin menyerang sistem imunitas tubuh kita, kita akan merasakan batuk yang sangat berdahak, infeksi tenggorokan, hingga peradangan paru – paru dan menyebabkan sesak nafas.

Kembali ke pertanyaan awal, apakah COVID-19 ini bisa di sembuhkan? Sampai hari ini, belum ada obat dan vaksin khusus untuk menyembuhkan pasien yang infected by COVID-19. Begitupun di China, saat ini mereka melakukan teknik penyembuhan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. China melakukan pengobatan untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar sistem imunitas lebih baik, sehingga daya tahan tubuh seseorang atau pasien yang infected sendiri yang akan menyerang virus ini. Jadi, sebenernya pasien yang terinfeksi virus juga dikatakan memiliki persentase kesembuhan yang cukup tinggi jika kita bisa menjaga kekebalan atau sistem imun tubuh kita dengan baik ya, moms.

Maka dari itu, ayo moms kita cegah virus COVID-19 ini agar tidak bisa masuk ke dalam tubuh kita dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh, mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Bukan hanya makanan 4 sehat 5 sempurna, kita juga harus menjaga asupan makanan dengan makanan yang memiliki protein tinggi, buah – buahan dan sayur – sayuran. Kemudian, penting sekali untuk kita menghindari Junk Food ya moms, melainkan kita harus banyak olahraga dan banyak minum air putih agar tidak dehidrasi.

Jangan lupa juga untuk sering – seing mencuci tangan, mengurangi kegiatan di luar rumah, dan menggunakan masker agar kita tidak terkontaminasi dengan udara luar ya, moms! Stay Safe everyone.

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI