Growth

5 CARA STIMULASI UNTUK ANAK TANPA BIKIN SI KECIL STRESS

Jaman sekarang banyak orangtua yang berlomba-lomba memasukkan anak ke sekolah favorit agar anak menjadi cerdas. Padahal, membentuk anak cerdas bukan hanya dipengaruhi faktor pendidikan, namun juga stimulasi yang didapatkannya sejak ia lahir ke dunia, atau yang dinamakan stimulasi dini.

Stimulasi sendiri adalah rangsangan suara (auditori), visual, sentuhan, kinestetik yang diberikan sejak otak bayi mulai berkembang (sejak lahir). Tujuan stimulasi adalah merangsang kualitas dan kuantitas sel-sel otak agar dapat bekerja dan berfungsi secara optimal.

Meski demikian, stimulasi untuk anak tidak bisa disamaratakan. Orangtua harus mengenali kematangan otak anak, agar dapat memberi jenis dan cara stimulasi yang tepat sesuai usianya, serta merasakan manfaat dari stimulasi ini. Berikut 5 cara stimulasi anak dari dini tanpa membuat buah hati kita stress.

1. Sentuhan

Pertama adalah asupan nutrisi yang tepat dari masa hamil ya moms, pada saat hamil kita harus memakan asupan makanan yang penuh nutrisi yang tentunya untuk perkembangan otak si kecil. Makanan yang kita butuhkan yang mengandung asam lemak esensial, zat besi, yodium, zinc, vit B dan mikro nutrion lainnya. Apalagi setelah anak kita lahir ke dunia, kita wajib memberikan ASI karena ASI banyak sekali manfaatnya dan mudah di cerna oleh bayi. Minimal 1 tahun pertama baby kita lahir ya moms.

2. Sentuhan

Kedua adalah berikan sentuhan kepada anak karena akan menunjang kemampuan sensorik pada anak kita sendiri, dan sentuhan juga dapat memberikan perkembangan sosial dan emosional kepada anak dan yang terpenting adalah untuk membangun hubungan antara orang tua dengan anak.

3. Kasih sayang

Ketiga adalah kasih sayang karena akan memberikan lingkungan yang aman dan nyaman kepada buah hati kita, jika anak kita sering sekali menangis kita harus cepat merespon jangan dibiarkan saja agar anak kita tidak masuk ke dalam fase stress. Karena ketika anak kita stress dia akan melepaskan zat kortisol yang sangat berdampak buruk bagi otak si kecil karena akan mempengaruhi volume otak anak kita semakin kecil, jadi tugas kita sebagai orang tua adalah buat buah hati kita grow happy.

4. Musik

Keempat adalah musik, dan biasanya musik dapat kita berikan ketika usia kehamilan kita mulai berusia 20 minggu. Pemilihan musiknya juga tidak bisa sembarangan ya moms jangan mendengarkan lagu disco atau lagu yang membuat pusing kepala kita, musik yang tepat adalah musik klasik ya moms karena musik klasik memiliki ritme yang seusuai dengan detak jantung buah hati kita yang akan membuat buah hati kita menjadi lebih tenang.

5. Permainan

Kelima adalah permainan, stimulasi ini sering dianggap remeh oleh banyak orang padahal permainan akan merangsang semua bagian otak bayi kita, baik fungsi kognitif, motorik kasar, motorik halus, fungsi bahasa, sosial emosional dan tentunya membangun hubungan sosial dengan orang lain yang akan membuat karakter buah hati kita lebih sopan, santun, percaya diri.

Kenapa sih stimulasi ini sangat penting bagi buah hati kita dari dini? Jawabanya adalah karena otak sendiri adalah pusat kendali. Dan dalam otak kita juga begitu banyak sel-sel yang saling tersambung satu dengan yang lainnya itulah yang kita sebut stimulasi yang kita bahas di atas. Kesimpulannya adalah stimulasi yang dilakukan dengan cara yang tepat akan sangat berguna untuk menunjang tumbuh kembang anak pada usia emas pertumbuhannya, semoga infonya bermanfaat ya moms.

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI