Motherhood · Uncategorized

Tips Menjadi Ibu Muda Aktif & Produktif (Sebelum Sesudah Melahirkan)

Hai moms sering ya kita mendengar kata-kata berikut ini “ciee pasangan baru yang baru nikah, kapan nih isi, buruan dong punya momongan, kan lucu” dan teman kita menjawab “tidak deh, tidak mau deh buru-buru punya anak, nanti aja dek. Soalnya kalo aku udah punya anak, tidak bisa kemana-mana, tidak bisa kerja lagi hanya bisa nyapu, ngepel, masak, dan ngurus anak, ngurusin rumah, nungguin suami pulang dan the end”.

Banyak sekali teman-teman saya yang baru nikah sering berkata tidak mau buru-buru punya anak nanti tidak bisa ngapa-ngapain dan mati gaya, mendingan puas-puasin jalan-jalan ke luar negeri sama suami berduan dulu puas-puasin baru deh punya anak soalnya jika sudah punya anak sudah kayak penjara seumur hidup.

Sebenarnya hal itu benar atau tidak sih moms? apakah menjadi seorang ibu muda ya pasti di rumah terus tidak bisa menikmati hal-hal lain? Tidak menjadi produktif? Jadi saya sendiri bisa di bilang sebagai “ibu muda” karena umur saya baru 26 tahun dan sudah memilik 2 orang anak dan sampai hari ini saya masih terus aktif dan produktif, saya juga masih bisa jalan-jalan ke luar rumah bersama suami dan anak-anak saya, bahkan masih bisa me time.

Menjadi seorang “ibu muda” bukanlah hal yang mengerikan dan tidak bagus untuk kita para kaum wanita, kita tetap bisa menjadi ibu muda yang tetap aktif dan produktif meskipun kita bekerja dan sudah memiliki anak, berikut 6 versi ibu muda yang tetap bisa aktif dan produktif menurut saya :

  1. Mengikuti kelas parenting

Jadi ikut kelas parenting di tengah kesibukan apalagi sedang hamil, dapat membuat kita sebagai ibu muda yang aktif dan produktif karena di kelas parenting ini kita bisa belajar bagaimana cara untuk mendidik anak. Mendidik anak atau mengurus rumah tangga itu tidak ada sekolahnya dan sering sekali saya sendiri yang sudah memiliki 2 anak suka terkejut sama hal-hal baru yang saya pelajari. Banyak sekali hal-hal baru yang mulai saya pelajari lagi ketika memiliki anak yang kedua.

Hal ini karena setiap anak memiliki ciri keistimewaannya sendiri dan hal-hal baru yang bisa dipelajari oleh setiap orang tua pasti berbeda-beda. Jadi dengan mengikuti kelas parenting ini kita dapat bertemu dengan ibu-ibu lain dan bisa sharing pengalaman mendidik anak yang tentunya banyak ilmu yang bisa kita dapatkan.

Mengikuti kelas parenting ini tidak harus datang seminar di satu tempat ya moms, jaman sekarang kita bisa mengikuti kelas parenting secara online melalui IG Live, Youtube Live, atau kalian bisa baca-baca di medsos orang.

  1. Belajar masak

Saya sendiri tidak bisa memasak sama sekali sebelum menikah, masak mie goreng saja saya tidak bisa lho moms. Setelah menikah saya bingung dan bosan jika hanya di rumah saja sambil menunggu suami pulang, akhirnya saya putuskan untuk belajar masak. Ketika saya belajar masak saya merasakan happy bangeet, apalagi ketika masakan saya berhasil dan bisa menata makanan dengan cantik di piring yang menjadi sebuah reward.

Jadi setiap hari kita bisa produktif untuk memikirkan hari ini mau masak menu apa untuk keluarga kita, mau belanja bahan-bahan apa dan senang sekali jika suami kita bisa menikmati masakan saya. Penelitian mengatakan seorang ibu yang belajar masak bisa mengatasi stress dan beban yang dimiliki oleh seorang ibu.

  1. Bergabung di Baby Class

Jadi saya sendiri suka ikut beberapa play date, dan di kelas ini kita bisa mengikuti kelas-kelas yang dapat melatih motorik dan sensorik seorang baby yang dapat melatih tumbuh kembang bayi. Jadi setelah memiliki baby jangan hanya di rumah dan mengurusi kerjaan rumah dan anak saja namun kita bisa meluangkan waktu kita bersama baby kita tercinta dengan membawa ke baby class. Baby happy, maminya juga happy dan tidak stress.

  1. Ikutin Hobby

Walaupun kita sudah memiliki baby, kita masih bisa membagi waktu kita untuk melakukan hobby kita. Kita bisa melakukannya di sela-sela waktu ketika baby kita tidur siang, seperti saya sendiri yang menyukai seni foto dan saya foto-foto baby saya yang sedang tidur, lalu saya upload ke medsos dan hasilnya banyak yang suka hasil foto saya dan saya semakin suka untuk foto dan video anak saya. Hal ini bisa sekaligus sharing kepada ibu-ibu lain di luar sana bisa tidak ikutan stress.

  1. Me time

Bisa dibilang saya adalah ibu yang super penuh jadwalnya tapi untuk tetap hang out dan me time yang salah satunya adalah olahraga, saya tetap melakukan Muaythai, dan pergi ngopi walaupun tidak bisa lama-lama , bahkan ketemuan sama teman juga masih bisa, Lalu babynya gimana? Masa ditelantarkan? Tidak ya moms menjadi seorang ibu kita tetap harus bijaksana, kita harus sadar bahya kita tidak bisa melakukan semuanya sendirian. Inti dari hal ini adalah “jangan segan minta bantuan dari orang terdekat”.

Kita bisa meminta bantuan kepada mama kita. Sering sekali mama saya berkata kepada saya waktu sebelum saya lahiran “ga ya, ga mau ngurusin anak” dan pada kenyatannya setelah saya lahiran “aduh lucunya cucuku” yang akhirnya membuat mama saya mau ketemu terus dengan anak saya, dan saya manfaatkan kesempatan itu untuk tolong jaga bantuin sebentar ketika saya mau melakukan aktifitas lain di luar.

Percaya mama kita sangat happy melakukan itu, namun jangan terlalu sering ya karena mama kita bisa kecapean juga jika terlalu sering menitipkan anak kita.

  1. Berbisnis di rumah

Ini adalah hal yang paling saya suka, yaitu berbisnis di rumah. Jadi memang kadang ada teman-teman yang DM saya bertanya “bagaimana sih caranya cari kerja dan cari uang tapi tetap di rumah?” Jaman sekarang kita bisa melakukan bisnis Online. Kita bisa melakukannya pada medsos kita dengan membuka PO makanan atau menjual barang-barang.

Selain online shop kita juga bisa menjadi selebgram dengan memberikan manfaat-manfaat atau tips kepada orang lain melalui media sosial kita dengan cara melakukan review produk, memberikan solusi dari masalah sehari-hari oleh baby kita, jadi bukan hanya digunakan untuk foto-foto saja. Dengan begitu mungkin kita bisa mendapatkan endorse dari produk-produk yang lain.

Atau menjadi youtuber membuat video yang bermanfaat dan siapa tau banyak yang suka dan memiliki banyak subscriber dan semakin membuat kita semangat dan dapat menghasilkan uang tentunya.

Saya adalah salah satu ibu muda yang aktif dan produktif, saya masih bekerja dan mengasilkan uang sendiri. Saya bekerja sebagai vlogger, dan kebetulan saya suka fotograph dan banyak teman-teman yang suka endorse, juga berkonsentrasi sebagai youtuber anak. Dari begitu banyaknya aktifitas saya masih bisa melakukan berbagai kegiatan lain dengan keluarga saya tercinta. Intinya tetap bikin keadaan hati happy dengan kita happy maka suasana rumah akan happy dan anak-anak yang kita didik juga menjadi happy.

Menjadi ibu muda yang aktif dan produktif bukanlah hal yang susah kok moms dan saya sudah membuktikannya. Semoga artikel di atas bermanfaat dan see you di next “Curcol Yuk Moms”

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI