Covid 19

Makser Medis atau Masker Ojol Tidak Bisa Recycled?

Hi moms! Sesuai judulnya, ternyata masker medis atau masker yang biasa digunakan oleh ojek online hanya bisa digunakan untuk sekali pemakaian saja loh. Masker–masker tersebut tidak bisa untuk di daur ulang kembali apalagi untuk pemakaian berkali–kali.

Berikut adalah beberapa eksperimen yang membuktikan sekaligus mendukung statement tersebut ;

  • Eksperimen 1 : Suntikan Berisi Air

Dalam eksperimen pertama ini, saya sudah menyiapkan masker medis dan suntikan berisi air yang sebagai contoh dari droplet (percikan air tubuh) kita. Kemudian saya akan menuangkan air dari suntikan tersebut ke bagian dalam masker medis tersebut. Setelah masker bagian dalam menampung seluruh air dari suntikan, selanjutnya saya akan menyemprotkan air ke bagian luar masker tersebut. Ternyata, tidak ada reaksi apa – apa loh, moms. Hal ini menunjukan bahwa apabila ada droplet orang lain infected ke masker medis yang kita gunakan, akan di filter langsung oleh masker yang bagian luar.   

  • Eksperimen 2 : Hand Sanitizer

Dalam melakukan eksperimen kedua ini, kalian bebas ya moms ingin menggunakan sanitizer apapun karna yang penting adalah sanitizer yang digunakan memiliki kandungan alcohol sebagai bahan utama untuk membunuh virus termasuk virus COVID – 19.

Langsung saja kita menuangkan kembali air dari suntikan ke bagian dalam masker medis, sampai air tersebut tertampung aman.

Kemudian, kita semprotkan sanitizer yang mengandung alcohol ke bagian luar masker medis tersebut. Hasilnya adalah, masker medis menjadi bocor dan basah, tidak bisa menampung air karna adanya semprotan sanitizer dari bagian luar masker tersebut. Dengan kata lain, jika masker medis yang telah kita gunakan kemudian kita cuci untuk dipakai kembali, maka tidak akan bisa, apalagi untuk di daur ulang  adalah sangat tidak layak ya, moms.

  • Eksperimen 3 : Disinfectant Spray

Sama seperti masker medis dan sanitizer, kalian juga bisa menggunakan disinfectant spray merek apapun ya moms untuk mencoba melakukan eksperimen ini.

Kita bisa langsung menuangkan kembali air dari suntikan agar tertampung di masker bagian dalam, kemudian semprot disinfectant spray nya ke bagian luar masker medis. Lakukan prosedur yang sama seperti 2 eksperimen sebelumnya. Kita bisa lihat apa yang terjadi selanjutnya, masker medis langsung bocor dan rusak sehingga tidak layak untuk dipakai kembali atau di daur ulang.   

  • Eksperimen 4 : Disinfectant Spary 0% Alcohol

Kalau di eskperimen ketiga kita telah mencoba dengan disinfectant yang mungkin kadar alcohol nya agak keras, lalu bagaimana dengan disinfectant spray yang memiliki kadar alcohol 0%? Sekarang saya akan mencoba menggunakan spray khusus untuk baby. Kemudian apa yang akan terjadi? Filter masker medis tersebut tetap rusak dan bocor loh moms, dan memang tidak dapat digunakan atau di daur ulang kembali.

  • Eksperimen 5 : Air Mendidih

Di percobaan terakhir, saya akan merendam masker medis ke dalam air panas yang sudah mendidih. Tidak perlu lama untuk merendam masker medis tersebut, hanya kurang lebih 1 menit saja. Apa sih alasannya merendam masker medis ke dalam air mendidih? Karna waktu itu, warga china melakukan metode ini untuk membunuh virus yang ada di masker medis.

Kemudian apa yg terjadi setelah masker medis selesai di rendam ke dalam air yang mendidih? Filter masker medis pun menjadi rusak ya, moms. Masker medis tidak bisa menampung droplet kita sendiri apalagi untuk menghalangi droplet orang lain untuk masuk ke dalam masker medis yang kita gunakan,  sehingga akan dengan mudah masuk ke dalam alat pernafasan kita.

Nah, itulah kelima eksperimen yang membuktikan bahwa masker medis atau masker yang biasa digunakan oleh ojek online adalah tidak bisa untuk di daur ulang.

Untuk melihat detail bagaimana cara melakukan eksperimen ini, you can chek the video out moms, semoga bermanfaat!

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI