Kesehatan

Waspada! Bahaya Tungau Bagi Kesehatan

Hi moms! Welcome back to “Curcol Yuk Moms”. Kali ini saya akan sharing mengenai hewan atau parasit bernama Tungau. Tentunya banyak juga dari mommy – mommy yang sudah tahu ya mengenai Tungau.

Bagi mommy – mommy yang belum tahu apa itu Tungau. Akan saya jelaskan terlebih dahulu ya, moms!

Seperti yang dilansir dari salah satu web edukasi, Wikipedia, Tungau adalah sekelompok hewan kecil yang bertungkai delapan, bersama dengan caplak, menjadi anggota Superordo Acarina. Tungau bukan kutu yang dalam pengertian ilmu hewan walaupun sama – sama berukuran kecil ya, moms.

Banyak orang menganggap Tungau dan kutu adalah sama saja, tetapi nyatanya sangat berbeda. Kutu merupakan anggota Insecta (serangga), tapi Tungau lebih berdekatan dengan laba – laba yang dilihat dari kekerabatannya.

Selain itu, perkembangan Tungau juga diakui sangat banyak lho, moms. Dari 100 mereka mampu berkembang biak menjadi 800 Tungau. Dan hanya menbutuhkan beberapa minggu saja untuk berkembang menjadi berjuta – juta Tungau.
Bedasarkan penelitian yang dilakukan oleh ahli kesehatan rumah menyatakan bahwa ada 2 juta tungau dalam kasur kita lho, moms! Sangat mengerikan. Lalu, bagaimana Tungau bisa bertahan hidup dengan perkembangbiakan yang begitu banyak? Jawabannya adalah dari serpihan kulit mati. Tanpa disadari manusia membuang 1,5 gr serpihan kulitnya setiap hari. Dimana 1,5 gr itu dapat memberi makan 1 juta Tungau lho, moms. Jadi bisa dilihat yaa perkembangbiakan Tungau sebanyak itu bisa bertumbuh darimana.

Apa sih dampak dari Tungau yang berkembang biak di kasur kita? Tungau merupakan makhluk hidup yang juga melakukan pembuangan air yang sama seperti manusia, secara otomatis mereka akan melakukan pembuangan air itu di kasur atau sofa yang kita tempati. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya rasa gatal setelah kita menempati kasur atau sofa tersebut, moms. Selain itu, adapun peyakit lain yang ditimbulkan dari Tungau adalah batuk, pilek, bersin – bersin, bahkan asma dan sinusitis.

Saya pribadi juga sudah mengalami dampak negatif dari adanya Tungau lho, moms. That’s why, saya menggunakan salah satu home service di akun Instagram @luxhome.id yang siap membersihkan rumah kita dari Tungau. Saya sangat rekomendasikan bagi mommy – mommy yang ingin membersihkan kasur, atau sofa agar terbebas dari Tungau. Bagimana detail nya? Yuk, simak video dibawah ini moms!

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI