Fakta-Fakta

Peraturan Youtube 2020 : Nasib Youtuber Terancam?

Hi! Video dan artikel kali ini akan saya tujukkan untuk para video creator sekaligus Youtuber yang khusus menjadi kids content creator. Pastinya, kalian yang baru saja upload video di akhir tahun 2019, akan muncul warning warna merah di bar paling atas, dengan tulisan bahwa “per 10 Desember 2019, konten yang berisi anak anak tidak akan bisa di like bahkan comment“. Warning ini muncul agar kalian sebagai contect creator di Youtube tidak kaget akan adanya kebijakan tersebut. 

Tapi kebijakan itu masih belum diberlakukan hingga akhir 2019. Ternyata, kebijakan ini baru akan efektif per 2020 lho! Youtube bahkan akan stop iklan – iklan yang muncul di video yang berisi kids content lho. Apakah itu benar? Apa ya kira – kira sebabnya?

Jadi, di September 2019, Youtube sempat mengalami argument dengan Federal Trade Comission (FTC) di New York, Amerika Serikat. FTC mengatakan bahwa Youtube telah melanggar privacy – privacy anak dengan menunjukan video – video iklan berikut comment yang impolite kepada anak tanpa ijin dari para orang tuanya. 

Atas dasar hal tersebut, FTC menuntut kerugian kepada Youtube sekaligus Google sebesar 2.4 Triliun dan telah dibayarkan karna hal ini tidak dapat dihindari melainkan sudah dibenarkan oleh pihak Youtube sendiri. 

Karna, pada dasarnya akses Youtube hanya ditujukan untuk kalangan umum, tapi lebih digemari oleh anak – anak, sehingga semakin banyak content creator yang menyajikan video – video khusus untuk anak – anak tetapi disalahgunakan oleh pihak – pihak tertentu dengan memberikan iklan – iklan dan melakukan comment – comment impolite yang mungkin akan dikonsumsi untuk anak – anak termasuk anak kita sendiri. 

So, kira – kira untuk content creator di tahun 2020 ini akan jadi lusuh gak ya moms? Yuk simak video dibawah ini!

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell