Growth

Tips Ampuh Baby 7 bulan Bisa Merangkak

Tidak terasa usia si kecil hampir meginjak 7 bulan. Namun, si kecil kok belum merangkak juga, ya? Jangan khawatir moms, tumbuh kembang setiap baby memang berbeda-beda. Jika si kecil belum bisa merangkak, jangan langsung panik. Mungkin si kecil butuh bantuan mommy untuk bisa merangkak. Dan tentunya proses merangkak ini sangat penting dan tidak boleh dilewatkan ya, moms. Karna melalui proses merangkak, si kecil dapat lebih menguatkan otot kaki, tangan, dan perut nya lho moms.

Pasti banyak dari mommy yang bertanya – tanya apa sih penyebab baby di usia 7 bulan yang belum bisa merangkak? Jawabannya adalah obesitas, kekurangan gizi dan baby kita yang memang terlambat untuk berkembang.

Nah, sebelum kita membahas bagaimana tips ampuh membuat si baby bisa merangkak, kita ketahui dulu yuk moms ternyata ada tipe – tipe merangkak si kecil lho!

  • Merangkak dengan Tangan dan Lutut
  • Merangkak dengan Tangan dan Kaki
  • Merangkak dengan Perut
  • Merangkak dengan Ngesot

Nah, mommy bisa perhatikan dan lihat sendiri ya, moms. Si kecil merangkak nya kira – kira melalui lutut, kaki, perut, atau ngesot nih? Kemudian, langsung saja kita bahas tips versi saya bagaimana cara memberikan stimulus pada baby agar mereka bisa merangkak.

1. Sering Tengkurap

Jadi, mommy – mommy bisa mulai coba tengkurapkan baby mulai dari usia 3 bulan untuk tujuan agar kepala, tangan, dan kaki si kecil sudah kuat dan tegak. Hal ini sudah terbukti saya sendiri praktekan ke baby Uwi dan baby Louisse untuk memperkuat posisi mereka sebelum mereka merangkak.

2. Stimulasi dengan Mainan Favorit

Hal ini, bisa mommy coba praktekan dengan memberi mainan favorit kepada si kecil dengan warna mencolok, dan meletakkan kurang lebih 20 cm dari jarak si kecil duduk atau tiduran, agar si kecil dapat dengan semangat bangun dan merangkak mengambil mainan tersebut.

3. Stimulasi dengan Makanan

Sama hal nya dengan mainan, kali ini mommy bisa coba dengan mengganti objek nya menjadi makanan ya, moms. Saya sendiri telah mencoba nya kepada baby Uwi dan baby Louisse, hal ini terbukti berhasil.

4. Merangkak Bersama

Nah, memberikan contoh kepada baby kita dengan merangkak bersama akan membuat si kecil menjadi paham lho moms. Ini menjadi bukti bahwa apa yang dilakukan oleh keluarga nya akan diikuti oleh si kecil juga. Alhasil, si kecil nanti nya akan lebih cepat untuk merangkak.

5. Menggunakan Matras

Disarankan untuk menggunakan matras ya moms ketika mengajarkan baby untuk merangkak. Karna permukaan kasur tidak rata dan tidak efektif untuk si kecil melakukan proses merangkak.

6. Lakukan Pijat

Melakukan stimulus pijat selama sebulan sekali atau 2 minggu sekali, selain dapat membuat peredaran darah si kecil lancar, tetapi juga mampu membuat otot tangan dan kaki mereka menjadi lincah dan kuat lho, moms. Sehingga proses merangkak tidak begitu sulit bagi mereka.

7. Penuhi Nutrisi

Seperti yang sudah saya bahas, baby yang memiliki keterlambatan berkembang salah satu nya karna kekurangan nutrisi. Jadi, mommy – mommy coba penuhi kebutuhan nutrisi si kecil ya, moms. Sebagai rekomendasi, mommy juga bisa cek video channel Mukbang Baby Uwi yang sudah lengkap menu – menu bernutrisi untuk si kecil.

8. Tega dan Sabar

Cara terakhir ini memang tidak mudah ya, moms. Seperti yang kita tahu proses merangkak pasti dipenuhi oleh drama tangisan si kecil. Tapi, sebagai orang tua sebaiknya kita belajar tega dengan membiarkan si kecil untuk nangis ya moms. Karna kalau kita memberikan mereka peluang untuk berhenti ketika mereka nangis, mereka akan menjadi malas untuk melanjutkan proses merangkak itu lho, moms.

That’s all 8 Stimulus untuk membuat si kecil bisa merangkak versi saya. Semoga bermanfaat moms!

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell