Motherhood

Saya Bangga Saya Sering Kentut | Fakta Menarik Mengenai Kentut | Fun Fact

Pernah ga sih moms kita dalam kondisi kentut kita sendiri tercium sangat bau atau mungkin kentut yang di keluarkan oleh keluarga kita sendiri kadang begitu bau? Atau mungkin kita kadang buang angin di tempat yang ramai dan berharap semoga kentutnya tidak bau dan tercium banyak orang? Dan kita berpura-pura menutup hidung kita sendiri agar tidak ketahuan itu adalah bau kentut kita sendiri.

Ada saja kejadian-kejadian soal kentut yang mambuat diri kita malu, bahkan faktanya bagi kebanyakan orang kentut adalah sebuah hal yang memalukan. Mungkin ada yang berfikir bisa tidak jika kita terlahir dan tidak bisa kentut agar tidak malu.

Namun kenyataannya kentut adalah sebuah siklus alami di dalam tubuh kita yang harus sekali dilakukan. Jika kita tidak mengeluarkan angin lewat tubuh kita atau kentut kita bisa sakit lho moms. Kentut bisa mengurangi penyakit lambung dan kanker lho moms. Jadi berikut adalah fakta mengenai kentut yang kita anggap memalukan :

  1.  Apa itu kentut?

Kentut yang dalam bahasa Inggris fart merupakan salah satu kata inggris tertua dalam bahasa Inggris. Kita bisa kentut karena ada gas yang tertahan di dalam tubuh kita, yang kita lakukan ketika kita beraktifitas, lalu gas itu akan dibawa oleh usus yang masuk ke dalam darah. Kentut itu mengandung 59% gas nitrogen dan 21% gas hidrogen 7% metana 4% oksigen dan 1% mengandung gas hidrogen sulfida dan merkaptan yang mengandung sulfur. Sulfur ini yang menyebabkan kentut kita menjadi bau. Suara kentut tergantung pada tekanan otot & gas dalam tubuh.

  1. Kenapa kentut bau?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kentut mengandung 1% sulfur yang membuat kentut menjadi bau dan itu di pengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi. Jika tidak ingin kentut bau hindari untuk makan kacang-kacangan, kubis, soda, keju, dan telur.

  1. Berapa kali kentut dalam sehari?

Setiap menusia mengandung setengah liter gas kentut, jadi rata-rata semua orang akan kentut kurang lebih 14 kali dalam satu hari. Wanita lebih sering kentut dibandingkan pria. Faktanya Seorang yang sudah kentut selama 6 tahun 9 bulan setara dengan bom atom.

  1. Kentut dapat memprediksikan kesehatan

Jadi semakin kita sering kentut, semakin sering frekuensinya, dan semakin bau kentut kita kita bisa memprediksikan gangguan di dalam tubuh kita. Misalkan kita kentut tanpa henti dengan disertai bau busuk kita harus segera cek ke dokter, siapa tau ada beberapa penyakit yang menggangu kita. Bahkan jika kentut kita terasa sakit, waspada kanker usus ya moms. Jadi sangat tidak dianjurkan untuk menahan kentut karena bisa menyebabkan beberapa penyakit khususnya pada bagian usus.

  1. Kentut dapat melegakan

Faktanya kentut dapat melegakan hati, jiwa, dan perasaan kita, tidak bisa kita pungkiri bahwa setelah kita kentut pasti lega sekali, perut menjadi enak.

  1. Membantu menyeimbangkan asupan makanan

Jadi yang sering bau kentutnya, dikarenakan kita kurang makan sayur dan terlalu banyak makan daging , dan jalan keluarnya adalah perbanyak makan sayur yang tentunya juga bagus untuk tubuh kita, seimbang antara sayur dengan daging.

  1. Cium bau kentut itu sehat

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa menghirup kentut yang bau memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Bau gas metana dapat menurunkan kemungkinan penyakit dan membantu orang hidup lebih lama.

  1. Kentut mudah terbakar

Karena kentut sebagian besar mengandung gas-gas yang bisa terbakar, seperti metana dan hidrogen, kentut bisa menyulut api. Tapi sebaiknya tidak dicoba, karena bisa berbahaya ya moms.

  1. Orang mati masih bisa kentut

Jadi biasanya 3 jam setelah meninggal dalam tubuh orang yang sudah mati akan mengeluarkan gas yang tersisa di dalam perut dan menyebabkan jenazah bisa kentut layaknya orang yang masih hidup.

  1. Sering kentut = usus sehat

Orang yang sering kentut menunjukan usus orang itu sehat. Untuk moms yang melahirkan secara caesar atau operasi usus buntu, biasanya dokter akan memperbolehkan kita makan ketika kita sudah kentut. Faktanya jika ada gas yang keluar pada tubuh kita menunjukan sistem pencernaan kita berjalan dengan baik. Jadi ingat ya moms jika ada teman kita yang kentut jangan kita marahi, karena itu tanda orang itu sehat  dan kita harus bangga jika masih bisa kentut karena kita adalah orang yang sehat.

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI