Kesehatan

Vidi Aldiano Kanker Ginjal, Waspada Gejala Kanker Ginjal (Mulai dari Sakit Pinggang)

Kita semua pasti di kejutkan mengenai video Vidi Aldiano yang mengatakan dirinya terkena kanker pada ginjal bagian kirinya, dalam video itu dia bukan hanya menginformasikan bahwa dirinya mengidap kanker namun juga meminta doa, dukungan dan support dari semua orang.

Tentu kita semua akan bantu mendoakan yang terbaik bagi kesehatan Vidi Aldiano. Setelah melakukan operasi dan tahap recovery semoga Vidi terus semangat dan semoga tidak ada sel kanker lagi dalam tubuhnya, dan bisa menjadi semangat bagi pejuang kanker yang lain.

Berhubungan dengan ini saya akan memberikan informasi-informasi mengenai kanker, yaitu :

1. Apa itu kanker ginjal?
Pada umumnya kanker terjadi karena adanya perubahan-perubahan struktur DNA yang dimana sel-sel tubuh itu berkembang di luar kendali dan kemudian membentuk suatu benjolan.

Benjolan ini biasa kita sebut dengan tumor, dan tumor sendiri terdiri dari dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak itu seperti tahi lalat, jerawat dan tidak ada masalah. Sedangkan tumor ganas jika dibiarkan akan memakan sel-sel bahkan organ-organ tubuh kita dan kemudian menjadi parasit yang merusak dan menyebar organ tubuh yang lain.

Sampai sekarang belum diketahui penyebab kanker ginjal ini, tetap biasanya kanker ginjal akan tumbuh pada bagian tabung kecil oada ginjal yang bernama “tubulus ginjal” dan sel kanker yang tumbuh biasanya bernama “sel renak karsinoma”.

2. Faktor penunjang kanker ginjal
Biasanya penunjang kanker ginjal adalah orang-orang yang berusia 40 tahun keatas, merokok, memiliki tekanan darah tinggi, obesitas, dan penggunaan obat-obatan yang mengilangkan rasa sakit dalam jangka panjang. Yang lain adalah faktor keturunan.

3. Sulit terdeteksi
Berbeda dengan kanker paru-paru yang gejalanya mudah terdeteksi seperti papa saya yang merasakan sesak napas, sakit pada bagian paru-paru dan mudah merasa lelah. Sedangkan kanker ginjal tidak ada gejala yang kelihatan pada stadium awal, namun jika sudah sampai stadium 3 atau 4 akan mulai terlihat gejala seperti benjolan di pinggang yang rasanya nyeri sekali.

4. Kencing darah
Jadi jika sudah kencing mengeluarkan darah, harus was-was. Ketika kencing menjadi merah, keruh, dan bau tidak sedap biasanya ada sel-sel kanker dan itu sudah bersifat ganas yang tumbuh di salah satu organ tubuh kita. Jika terjadi gejala-gejala di atas langsung periksa ke dokter ya.

5. Sakit pinggang
Jadi untuk kalian, khususnya para pria yang suka sakit pinggang harus waspada dan segera cek ya, karena ini adalah salah satu gejala dari kanker ginjal apalagi dalam jangka waktu yang panjang. Biasanya sel kanker ginjal akan tumbuh di bagian depan, samping, dan belakang punggung, dan untuk stadium lebih lanjut akan terasa benjolan pada punggung bagian belakang.

6. Mudah lelah
Faktanya orang yang mengidap kanker akan lebih mudah lelah, seperti orang tua. Biasanya jika kita sudah mengubah pola makan dan tidur kita namun masih cepat lelah, sebaiknya buru-buru cek ke dokter, kenapa stamina kita tidak bagus dan vit? Stress juga menunjang kanker lho moms, jadi jangan stress berlebih ya.

7. Mual dan muntah
Seperti ibu hamil ya, tapi berbeda ya moms. Jika sedikit-sedikit kita merasakan mual dan muntah tanpa sebab, segara cek ke dokter, jangan-jangan kita mengidap ginjal.

Itu semua info-info mengenai kanker ginjal, dan semoga Vidi cepat dalam recovery dan kamu bisa menjadi inspirasi dari pejuang kanker yang lain. See you di “next curcol yuk moms”!

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell