Fakta-Fakta

2 Tahun Tidak Haid Sejak Hamil?

Bagi kebanyakan mommy – mommy yang hamil dan baru saja usai melahirkan, pasti bertanya – tanya kenapa ya belum juga mengalami menstruasi atau haid setelah masa nifas atau beberapa bulan setelah melahirkan.

Begitu juga dengan saya ya, moms. Saya 2 kali mengandung dan melahirkan, tetapi di kedua masa tersebut, selama 2 tahun saya tidak mengalami haid. 2 tahun itu darimana perhitungannya? Jadi, saya tidak mengalami haid sejak hamil selama kurang lebih 10 bulan, kemudian menyusui baby Louisse kurang lebih 14 bulan, sama dengan total 24 bulan atau 2 tahun ya, moms saya tidak mengalami haid. Begitu juga ketika saya mengandung hingga menyusui baby Uwi.

Mungkin banyak dari mommy – mommy yang haid nya terbilang lancar ya, moms. Bisa mengalami haid secepat mungkin tidak sampai stop 2 tahun seperti saya. Nah, kalau ditanya sedih gak sih tidak mengalami haid selama 2 tahun?

Kalau saya pribadi, jujur ada sedih dan tidak nya. Dari sisi sedih nya, saya merasa saya tidak subur. Sedangkan mommy – mommy lain ketika lepas menyusui sudah haid, sedangkan saya sendiri lama sekali mengalami haid.

Nah, pertanyaannya apakah tidak haid selama 2 tahun bisa dikatakan sebagai tanda tidak subur? Berikut penjelasannya :

Pada umumnya, fase menstruasi yang dialami oleh setiap wanita berbeda – beda ya, moms. Dan yang perlu diketahui adalah ketika kita sedang hamil otomatis haid atau menstruasi akan stop.

Setelah itu, ketika usai melahirkan kita akan mengalami masa nifas, masa nifas adalah masa – masa kita mengeluarkan darah after giving birth. Nah, setelah kita melalui masa nifas, kita akan menyusui dan mengeluarkan Hormon Prolaktin yang akan menghambat datangnya menstruasi, moms.

Semakin tinggi Hormon Prolaktin yang dialami wanita, maka semakin tinggi juga wanita tidak akan mengalami haid atau menstruasi. Sebaliknya, jika semakin rendah Hormon Prolaktin, maka akan semakin berkurang kadar ASI yang dimiliki, tetapi semakin cepat wanita akan mengalami menstruasi.

Nah, dengan penjelasan seperti ini kita tahu ya moms kalau telat haid after giving birth belum tentu tidak subur, melainkan tergantung hormon masing – masing yang dialami setiap wanita.

Kemudian, ada fakta apa lagi ya moms mengenai topik kali ini? Click down here, moms!

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell