Fakta-Fakta

10 Tanda Bayi Tumbuh Gigi

Pasti pernah ya mami-mami yang mengalami anaknya nangis terus menerus, nonstop tanpa henti dan tanpa alasan. Yang biasanya gampang bobo jadi tidak mudah bobo siang, sore, dan bahkan malam, bahkan sampai panas badannya.

Tidak perlu pusing dan kuatir ya moms, karena masalah utamanya adalah tumbuh gigi. Biasanya dialami oleh baby umur 6 bulan, namun ada beberapa baby yang kasusnya lebih cepat seperti keponakan saya yang tumbuh gigi pada umur 4 bulan.

Memang tumbuh gigi adalah hal yang sangat menyakitkan bagi baby kita, yang belum bisa menyampaikan kepada kita rasa sakitnya lewat kata-kata jadi mereka akan menunjukannya lewat perilaku mereka. Gejala tumbuh gigi pada bayi itu berbeda-beda, ada yang tidak memiliki tanda-tanda.

Jadi berikut adalah 10 tanda-tanda tumbuh gigi pada baby versi mami :

1. Mengeces
Jadi baby Uwi sedang tumbuh gigi, dan sudah beberapa hari ini mengeces terus dan hal ini terjadi karena baby akan memproduksi air liur yang lebih banyak dari biasanya. Itulah mengapa bayi akan lebih mudah mengeces. Bahkan beberapa bayi juga dapat mengalami ruam merah di sekitar mulut, dagu, dan leher.

2. Batuk dan Muntah
Masih berhubungan dengan produksi air liur yang banyak dan baby yang belum dapat mengontrol bagaimana menelan. Jadi begitu banyaknya air liur jadi batuk dan bahkan sampai mau muntah.

3. Menangis
Ini adalah tanda yang paling sering kita temui ya, setelah makan masih menangis, diajak main masih menangis, bahkan waktunya bobo masih nangis. Semua pasti berlalu jadi bersabar saja ya moms.

4. Suka Gigit-Gigit
Jadi memang pada saat tumbuh gigi akan ada tekanan pada gusi yang menyakitkan dan tidak enak, otomatis mereka akan mencari sesuatu untuk di gigit. Bahkan bukan cuma mainan bahkan jari kita akan di gigit dengan gemasnya.

5. Gusi Memerah dan Membengkak
Ketika baby kita nangis terus coba kita cek gusinya pasti ada merah dan bengkak pada giginya. Cara penanganannya adalah berikan pijitan yang halus dan pelan dengan kain dingin, pasti baby kita akan menolak pada pertama kali pijat namun kita coba lagi sampai akhirnya dia merasa nyaman ya moms.

6. Bangun Di Malam Hari
Ini terjadi pada 2 baby saya. Tidak tidur-tidur, dan jika tidur hanya beberapa jam. Maklum ya moms ketika tidur baby kita merasakan nyeri pada gusi dan terbangun, sabar ya moms biasanya terjadi 5 hari saja kok.

7. Susah Makan
Untuk 2 baby saya tidak susah makan, namun beberapa baby yang lain tidak mau makan karena merasakan sakit pada gigi dan gusinya sama seperti kita yang ketika sakit gigi jadi males makan ya moms.

8. Menarik Telinga atau Garuk Pipi
Ketika gusi sedang nyut-nyutan baby kita akan berbuat demikian karena mereka tidak bisa menjangkau bagian gusi dan giginya yang sedang sakit.

9. Demam
Jadi baby Uwi sedang demam, batuk, pilek. Jadi misalkan baby kita sakit seperti ini dan menemukan fakta-fakta di atas maka tidak perlu kuatir karena itu tanda tumbuh gigi. Namun jika demam di atas 38 derajat harus bawa ke dokter ya karen itu bukan karena tumbuh gigi.

10. Suka Memasukkan Tangan ke Mulut
Jadi karena sakit gigi dan gusi manjadi tidak nyaman jadi suka memasukan tangan ke mulut, yang penting adalah terus menjaga kebersihan tangan baby kita ya moms.

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell