Fakta-Fakta

5 Fakta Menarik Mengenai United Nations Day

Hai moms, jadi mami pernah mengikuti perayaan hari United Nations Day di sekolah baby Louisse, dan saya jadi tau lho ada perayaan hari United Nations Day.

Untuk kalian yang belum tau tentang perayaan United Nations Day, berikut 5 fakta yang saya temukan di hari perayaan United Nations Day :

1. Kedamaian
Ini adahal hal yang paling kita suka, kedamaian di seluruh dunia. Jadi United Nations Day dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa, dimana PBB ini mengantikan Liga Bangsa-Bangsa (sebelumnya).

PBB ini didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945, itu kenapa setiap akhir bulan Oktober banyak sekolah yang merayakan United Nations Day, ini perayaannya cukup meriah lho moms.

Yang perlu kita ketahui PBB ini didirikan untuk menjaga kedamaian dunia, menjaga seluruh dunia, memperbaiki seluruh lapisan masyarakat, menjaga dan melindungi negara berkembang dan membuat kehidupan lebih baik lagi. Itulah tujuan PBB didirikan.

2. Ratusan Negara
Jadi pada awal didirikan, negara yang menjadi anggota PBB hanya 51. Namun, seiring berjalannya waktu, anggota PBB terus bertambah. Kini, negara yang menjadi anggota PBB sudah berjumlah 193. Negara yang menjadi anggota PBB biasanya akan mengirim orang ke kantor PBB untuk melakukan diskusi tentang masalah global.

3. Kantor Pusat
Setiap organisasi pasti memiliki kantor pusat, dan kantor pusat PBB berada di daerah Manhattan, New York, Amerika Serikat. Kantor pusat ini sudah ada sejak 1952 lho moms. Selain di New York, PBB juga punya tiga kantor pusat lain yang tersebar di Jenewa (Swiss), Nairobi (Kenya), dan Vienna (Austria).

4. Bahasa
Ternyata, PBB punya enam bahasa resmi yang digunakan dalam pertemuan. Keenam bahasa resmi itu adalah Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Spanyol, dan Mandarin Tionghoa. O iya, bahasa Inggris yang digunakan dalam PBB adalah British English, sesuai dengan ejaan Oxford.

5. Organisasi
PBB punya beberapa organisasi yang mengurus hal-hal khusus, seperti:

  • World Bank Group (WBG), tugasnya memberi pinjaman kepada negara-negara berkembang.
  • World Health Organization (WHO), tugasnya membasmi penyakit (terutama penyakit menular) yang menyebar luas di dunia.
  • Food and Agriculture Organization, tugasnya membasmi masalah kelaparan di seluruh dunia.
  • United Nation Education, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO), tugasnya meningkatkan pendidikan, menjaga warisan budaya, dan menjaga HAM.

Jadi inilah 5 fakta yang saya temukan saat perayaan United Nations Day, dan tentu saja banyak negara yang melestarikan perayaan ini salah satunya di Indonesia yang setiap perayaannya di lakukan di sekolah-sekolah agar anak-anak mengerti perdamaian dapat dijalin lewat perbedaan setiap mereka, perbedaan bukan penghambat sebuah perdamaian. Tetap bersatu walaupun berbeda dan tetap menjaga perdamaian dunia. That’s all, see you di next “Curcol Yuk Moms”.

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#PBB #UnitedNationsDay #PerserikatanBangsaBangsa #Perdamaian #Persatuan