Motherhood

Potty Training for 8 Months Baby

Potty Training atau toilet training merupakan proses anak belajar untuk buang air kecil dan buang air besar di toilet selayaknya orang dewasa. Pada tahap ini, anak diajari untuk tidak lagi mengeluarkan urine dan tinja pada popok lho, moms. Kemampuan memakai toilet ini ternyata juga berguna untuk mengetahui apakah anak kita tumbuh dan berkembang dengan normal atau tidak.

Lalu, mungkin gak sih moms, mengajarkan si kecil toilet training bahkan sewaktu baru lahir?

Ternyata, hal itu mungkin banget dilakukan lho, moms. Terdapat contoh kasus dari seorang mommy di Quensland, Australia bernama Cindy Lever, yang mengenalkan toilet training kepada bayi perempuannya sejak berusia 2 minggu. Bayinya, yang bernama Chloe, tidak dipakaikan popok sejak lahir. Cindy membiasakan Chloe duduk di wastafel untuk buang air kecil atau buang air besar.

Ternyata, metode yang dipakai Cindy itu disebut komunikasi eliminasi (elimination communication). Metode ini adalah insting alami para bayi untuk tetap merasa higienis. Tandanya adalah mereka akan mengeluarkan ekspresi saat akan buang air, moms.

Bahkan, dari kasus tersebut Cindy juga menjelaskan tahapan toilet training yang dilakukannya kepada Chloe :

  1. Mommy bisa memulai dengan mencoba membawa si kecil ke toilet atau menggunakan toilet training setelah bangun pagi. Waktu lainnya adalah beberapa saat setelah mereka makan. Saat malam bawa kembali mereka sebelum tidur untuk menggunakan toilet training.
  2. Jika si kecil ingin buang air kecil atau buang air besar biasanya ia akan gelisah dan menggeliat sehingga ini bisa menjadi signal atau tanda untuk mommy segera menyiapkan toilet training agar si kecil terbiasa ya, moms.
  3. Pelajari bahasa tubuh si kecil juga sangat penting lho, moms. Agar kita mengetahui apakah si kecil sedang ingin atau tidak ingin melakukan buang air di toilet training. Sehingga, kita bisa melalukan cara alternatif seperti berdesah, “pissss” atau “poooo”, untuk merangsang si kecil buang air.

Nah, menyikapi contoh kasus tersebut, saya sendiri kemudian baru mem-praktikan kegiatan toilet training ini kepada baby Uwi di usianya yang menginjak 8 bulan. Beruntungnya, setelah melakukan toilet training selama 3 kali, hal ini sudah berjalan efektif pada baby Uwi lho, moms.

Bagaimana, apakah mommy sudah mencoba toilet training juga dengan si kecil di rumah? Selamat mencoba, moms!

more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI