Fakta-Fakta

Sinar UV Mampu Membunuh Corona, Mitos atau Fakta?

Hi, moms! Di tengah pandemic ini, sempat beredar kabar bahwa sinar ultraviolet (UV) dapat membunuh virus Corona atau Covid-19. Bahkan, sebuah universitas di Thailand sudah membuat lorong sinar UV yang harus dilewati oleh para mahasiswa, untuk mendisinfeksi tubuh mereka lho, moms.

Jadi, apakah benar sinar UV bisa membunuh virus corona? Nah, Sebelum menelusuri kebenaran sinar UV dapat membunuh virus corona, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu yuk moms tiga jenis sinar UV seperti : UVA, UVB, dan UVC.

  • UVA

Sinar UVA mendominasi sekitar 95% sinar UV yang masuk ke dalam bumi. UVA dapat berpenetrasi hingga ke dalam kulit lho, moms. Biasanya, UVA lah yang menyebabkan perubahan warna kulit dan bertanggung jawab atas munculnya flek – flek hitam yang muncul di wajah kita karna terpapar oleh sinar matahari moms. Bahkan, UVA merupakan sinar UV yang bisa membangunkan sel kanker di dalam kulit kita lho, moms. Jadi kalau kita pernah dengar kebanyakan orang terkena kanker kulit, itu adalah penyebab dari UVA. That’s why, kita butuh sunblock untuk menghindari sinar UVA ya, moms.

  • UVB

Sama seperti UVA, sinar UVB ini juga menyebabkan perubahan warna kulit bahkan luka bakar lho, moms. Namun, dampaknya tidak secepat UVA ya, moms. Sinar UV jenis ini juga bisa menyebabkan penuaan dan keriput pada kulit. Tidak hanya itu, UVB juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit. Tapi, jangan khawatir moms, untungnya sebagian besar UVB dari matahari sekitar 50% disaring oleh atmosfer, sebelum akhirnya masuk ke dalam bumi, moms. Jadi, UVB tidak terlalu mendominasi sinar UV di bumi kita.

  • UVC

UVC adalah sinar UV yang paling mengerikan, karena mampu memberikan kerusakan terbesar pada kulit kita lho, moms. UVC dapat berpenetrasi ke dalam lapisan kulit paling dalam. Dan untungnya, sinar UV ini difilter oleh atmosfer dan tidak dapat mencapai permukaan bumi. Kemudian, Sinar UVC inilah yang dianggap mampu membunuh virus corona.

Pada 1878, para peneliti berhasil membuat sinar UVC secara artifisial, untuk mensterilisasi berbagai benda di rumah sakit, pesawat terbang, kantor, hingga pabrik. Bahkan, sinar UVC juga digunakan dalam proses sanitasi air minum lho, moms.

Tidak hanya itu, sinar radiasi UVC ini juga dipercaya dapat melengkungkan struktur materi genetik virus dan mencegahnya berkembang di dalam tubuh.

Tidak heran jika kemudian sinar UVC digunakan sebagai salah satu opsi dalam membunuh virus Corona. Bahkan di China sekalipun, transportasi umum seperti bus telah dilengkapi dengan sinar UVC. Para peneliti di sana juga menciptakan robot yang bisa menyinari rumah sakit dengan sinar UVC. Tidak hanya itu, bank-bank setempat juga menggunakan sinar UVC untuk mendisinfektan uang.

Namun, apakah efektivitas sinar UV ini dalam membunuh virus corona sudah teruji dan terbukti, moms? Memang, belum ada penelitian spesifik yang membuktikan efektivitas sinar UV berjenis UVC dalam membunuh Covid-19 ya moms. Tapi, para ahli telah membuktikan kalau sinar UVC ini telah efektif menangani jenis virus corona lainnya, seperti SARS.

Jadi, ini merupakan mitos bahwa sinar UVC dapat membunuh virus Corona atau Covid-19 ya, moms. Untuk saat ini sebaiknya kita hindari dahulu berbelanja yang berlebihan untuk produk yang mengandung sinar UVC ini ya, moms. Karna bahkan para ahli pun mengatakan bahwa sinar UVC ini justru paling berbahaya jika terkena kulit kita sendiri lho, moms. Kalau sinar UVA dan UVB masih membutuhkan waktu beberapa jam bahkan hari untuk menyebabkan luka bakar di tubuh kita. Tapi, beda halnya dengan sinar UVC, hanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk membakar kulit kita lho, moms.

So, daripada kita menghabiskan banyak uang untuk membeli produk kandungan UVC yang belum teruji kebenaran nya, lebih baik kita mencegah virus Corona dengan mencuci tangan sesering mungkin, menggunakan hand sanitizer jika berada diluar, olahraga, menjaga pola makan, agar daya tahan tubuh kita semakin kuat.

That’s all mengenai pembahasan sinar UV kali ini. Semoga membantu and stay safe, moms!

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI