Growth

Mengenal Tradisi Tionghoa : Perayaan Anak Usia 1 Tahun

Pada kesempatan kali ini, saya akan sharing hal yang unik dibalik Birthday Celebration baby Uwi yang pertama. Pada umumnya, Birthday Celebration atau perayaan ulang tahun anak yang berusia 1 tahun hanyalah hal yang biasa ya, moms. Dirayakan dengan keluarga, atau kerabat bahkan teman – teman si kecil.

Namun, bagi orang Tionghoa atau Chinese, kita memiliki tradisi yang harus dijalankan pada perayaan ulang tahun anak yang berusia 1 tahun ini.

Apa sih moms tradisi nya? Berikut penjelasannya!

Tradisi ini bernama Tso Too Tse, berasal dari Dinasti Song sejak tahun 1960 – 1279. Tradisi ini tidak menghabiskan banyak uang ya, moms. Biasanya keluarga atau kerabat akan datang sendirinya ke tempat si anak yang berulang tahun di usia 1 tahun ini. Kemudian, anak yang berusia 1 tahun akan di berikan nampan berisi barang – barang yang dipercaya bahwa dengan si anak memilih salah satu dari barang tersebut, maka hal itu dapat meramalkan minat, karir dan kecenderungan si anak di masa depannya kelak.

Kemudian, apa aja sih moms barang – barang yang akan dipilih oleh baby yang berusia 1 tahun termasuk baby Uwi dalam tradisi ini?

1. Kamus atau Buku

Kamus atau buku ini sebagai lambang yang mewakili ramalan bahwa apakah nanti si anak akan menjadi seorang penulis, ilmuwan atau orang yang berpengetahuan luas kelak di masa depannya.

2. Pensil Warna

Pensil warna ini, sebagai lambang yang mewakili kepercayaan bahwa kelak di masa depan, si anak akan menjadi seorang seniman atau terlibat dalam pekerjaan yang berhubungan dengan seni.

3. Penggaris

Lambang yang ketiga ini dipercaya dapat meramalkan kelak si anak akan menjadi hakim, pengacara atau menjadi revolutioner.

4. Kalkulator

Kalkulator dipercaya sebagai lambang kelak di masa depan si anak akan menjadi seorang pengusaha.

5. Uang

Dengan memilih lambang kelima ini, si anak yang berulang tahun dipercaya kelak di masa depannya akan menjadi orang kaya.

6. Stempel

Stempel sebagai lambang yang mewakili apakah si anak akan memiliki kedudukan yang tinggi di masa depannya.

7. Wol atau Kain

Kedua benda ini sebagai lambang bahwa di masa depan, si anak akan menjadi perancang kostum atau perancang busana

8. Bola

Bola sebagai lambang bahwa si anak di masa depan akan memiliki ketertarikan di bidang olahraga.

9. Alat musik

Sedangkan alat musik sebagai lambang bahwa si anak di masa depan akan memiliki ketertarikan di bidang musisi atau menjadi penyanyi.

10. Sendok

Benda ini menjadi lambang kelak di masa depan si anak akan menjadi koki atau pengusaha hotel ketika ia memilih benda ini saat tradisi berlangsung.

11. Sepatu atau Passport

Kedua benda ini melambangkan penjelajah. Dipercaya bahwa kelak si anak akan memiliki ketertarikan menjadi seorang penjelajah atau traveller.

12.Ponsel atau Mousse

Sedangkan kedua benda ini, mendefinisikan ketertarikan si anak kepada dunia teknokogi atau industri komunikasi.

13. Termometer telinga

Termometer telinga ini, sebagai lambang yang dipercaya akan meramalkan kelak di masa depan si anak akan menjadi dokter.

14. Obeng

Sedangkan obeng, dipercaya akan melambangkan si anak kelak menjadi insinyur atau tertarik di bidang industri.

15. Mainan

Ketika memilih benda ini, dipercaya bahwa kelak di masa depan si anak akan memiliki ketertarikan di industri kendaraan.

16. Kartu ATM

Sedangkan kartu ATM, dipercaya bahwa si anak akan memiliki ketertarikan atau minat di industri perbankan atau lembaga keuangan.

17. Mikrofon

Benda ini, dipercaya kelak akan menjadikan si anak sebagai seorang penyanyi.

18. Alat Tulis

Alat tulis, sebagai benda yang melambangkan kelak di masa depan si anak akan memiliki minat atau ketertarikan di bidang sastra.

19. Alat Masak

Jika si anak yang berusia 1 tahun memilih benda ini pada saat tradisi, maka dipercaya bahwa kelak ia akan menjadi ibu rumah tangga.

Nah, inilah semua barang yang diberikan kepada si anak 1 tahun di Tradisi Tso Too Tse, dan apapun yang menjadi pilihan mereka, dipercaya dapat menentukan masa depan mereka kelak.

Lalu, apa nih moms kira – kira barang yang dipilih oleh baby Uwi di tradisi ini? Check it out, moms!

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI