Motherhood

TIPS : CARA MEMBAGI WAKTU UNTUK ANAK SEBAGAI WANITA KARIR

Wanita karir bukanlah hal yang fenomenal lagi, karena menjadi wanita karir adalah impian bagi banyak wanita jaman sekarang. sebelum kita bahas lebih jauh mengenai wanita karir, berikut pengertian dari wanita karir. Wanita karir adalah seorang wanita yang memiliki cita-cita untuk melakukan pekerjaan, sama hal derajatnya dengan seorang pria. Dimana kita bisa mencari uang sendiri, kita bisa memenuhi kebutuhan kita sendiri lalu kita tidak lagi diremehkan bahkan tidak dihargai oleh para pria sama halnya dengan saya yang sudah menjadi wanita karir dari umur 14 tahun sampai sekarang, bahkan sudah berjualan kue dari umur 5 tahun. Jadi saya adalah seorang wanita karir yang sudah memiliki 2 anak.

Nah yang paling banyak ditanyakan adalah “apakah repot punya anak sambil bekerja?” jawabanya adalah YES sangat repot. Dan sekedar info di Beijing China kebanyakan dari pasangan di sana yang wanitanya bekerja, memutuskan untuk tidak mau memiliki anak dahulu selama mereka bekerja sampai mereka sukses karena akan terbagi fokusnya antara bekerja dan mengurus anak. Tapi itu tidak berpengaruh pada saya, karena saya masih menganut pepatah jaman dulu yang mengatakan “banyak anak, banyak rejeki” makannya orang jaman dulu bisa sampai memiliki 10 anak lho moms.

Berbeda dengan jaman sekarang cukup 2 anak ya moms. karena begitu banyak persiapan dan pertimbangan dari semasa kita mengandung selama 10 bulan setelah lahir bagaimana perawatannya, belum lagi setelah melahirkan kita harus bergadang  memberikan ASI, menyetok ASI, memakaikan pampers dan lain-lain ya moms, pastinya para ibu tau bagimana rasanya. Nah sekarang adalah bagaimana cara kita membagi waktu untuk anak kita dan membagi waktu juga untuk anak kita? Dan jawabannya adalah KOMITMEN, dengan adanya komitmen kita jadi harus tau resiko apa yang akan terjadi demi mencapai sesuatu yang kita inginkan. Nah berikut beberapa tips untuk membagi waktu agar kita menjadi wanita yang baik bagi suami dan anak-anak kita serta menjadi wanita karir yang baik untuk perusahaan.

Pertama adalah membuat jadwal, dengan kita membuat jadwal akan lebih mudah mengingatkan kita bagimana kita mengatur keseharian kita dari awal kita bangun tidur sampai kita beristirahat kembali, tentu saja kembali lagi itu semua harus disertai oleh komitmen. Untuk jadwal saya sendiri dapat dilihat video di bawah ya.

Kedua adalah berani say “NO” untuk lembur. Seperti yang saya bilang di awal pastinya kita akan dihadapkan oleh beberapa resiko demi untuk membagi waktu kita demi anak dan pekerjaan kita. Pasti ada waktu dimana bos meminta kita untuk lembur dan jika kita tidak memenuhinya maka gaji kita kan dipotong, namun itulah resiko kita sebagai wanita karir yang sadah berkeluarga.

Ketiga adalah tentukan waktu pekerjaan kita. Jadi seperti jadwal yang sudah saya buat adalah pekerjaan mami dilakukan dari jam 9 sampai jam setengah 5 sore itu saya benar-benar fokus kerja. Jangan seperti orang lain yang saat bekerja malah nonton atau ada yang bermain game. Yang kita harus pikirkan adalah kita sebagai wanita karir memiliki anak yang harus kita temui sepulang kerja jadi semua kerjaan yang diberikan harus kita kerjakan sebaik-baiknya sampai benar-benar selesai.

Keempat adalah istirahat yang cukup. Jadi istirahat yang cukup ini sangat penting ya moms, apalagi untuk baby yang baru lahir pasti membutuhkan perhatian yang esktra nah ada beberapa saran untuk kita dapat beristirahat yang cukup adalah kita dapat menggunakan jasa neni untuk membantu anak kita tidur di malam hari atau menggunakan jasa keluarga terdekat kita seperti saya yang meminta bantuan ke mama saya dan papa kita sendiri, pasti mereka juga akan memberikan support kepada kita.

Kelima jangan segan untuk meminta support keluarga, kadang mama kita sering bilang “ah tidak mau jaga cucu karena capek” dan segala macam alasan tapi dengan melihat kondisi kita yang masih mau terus semangat untuk mencari uang dan masih mau membagi waktu untuk anak serta melihat keadaan kita yang capek pasti mama kita akan membantu, minimal membantu memperhatikan nanny dalam merawat anak kita agar kerjanya benar dan tidak macam-macam.

Keenam adalah Positif Thingking. Karena sering kali kita sebagai wanita karir dihadapkan oleh kata-kata berikut “kerja mulu, bukannya ngurus anak” yang kita harus pikirkan adalah tidak apa-apa kita bekerja, kita juga bekerja untuk mengurus kebutuhan anak kita, bisa untuk ajak anak jalan-jalan. Tidak apa-apa saya bekerja setiap hari dari jam 9 sampai setengah 5, tapi setelah itu saya ada kok untuk anak-anak, setiap ada waktu saya pasti quality time dengan anak-anak.

Ketujuh adalah mencari penitipan anak yang berkualitas. Biasanya penitipan anak ini dilakukan di luar negeri salah satu contohnya di Australia yang banyak banget penitipan-penitipan anak yang menitipkan anaknya dari pagi dan setengah 5 sore baru di pick up lagi setiap harinya, berbeda di Indonesia yang masih minim sekali tempat penitipan anak, jadi salah satu caranya adalah menyekolahkan anak kita. Baby Louisse sendiri sudah bersekolah dari umur satu setengah tahun. Di sekolah dia bisa belajar dan bermain dari jam 9 sampai jam 12 dan di jemput oleh mama saya, jadi anak memiliki spare waktu mengisi kegiatan.

Kedelapan adalah membuat suasana Happy sebelum berangkat kerja, seperti yang saya sudah lakukan kepada kedua anak saya jadi sebelum saya bekerja, saya sudah bangun dari pukul 5 pagi, bikin sarapan, mandiin anak, pakein baju, gantiin popok, memberikan makan, dan setelah itu happy-happy dulu memberikan ciuman kepada anak baru berangkat kerja yang biasanya kalo saya pulang akan membelikan makan enak untuk anak-anak di rumah. Dengan kebiasan tersebut anak-anak tidak akan berfikir bahwa ketika mamanya bekerja menjadi sebuah perpisahan yang menyedihkan.

Kesembilan adalah mencari pekerjaan yang kebanyakan di rumah. Kita sebagai wanita karir pasti tidak bisa berdiam diri ya moms, dan apabila tidak memungkinkan kita untuk pergi bekerja di perusahaan yang biasa lakukan kita bisa cari opsi untuk mencari pekerjaan di dalam rumah misalkan Online Shop, jadi Selebgram jadi kita bisa mencari kegiatan yang dimana bisa menghasilkan uang.

Kesepuluh dan terakhir adalah rutinitas keluarga, jadi yang dimaksudkan rutinitas keluarga disini adalah bawa anak jalan-jalan. Jadi saya setiap Sabtu dan Minggu pasti selalu membawa anak jalan-jalan, entah itu ke mall, ke playground, atau ke luar kota. Intinya selalu ada waktu untuk quality time dengan keluarga kita khususnya dengan anak-anak. Semoga tipsnya bermanfaat ya moms, jadi kita bisa menjadi wanita karir dan ibu yang baik untuk anak dan suami kita ya.

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI