Motherhood

HOUSE BLESSING IN BUDDHISM

Hi moms! Dalam konten kali ini, saya akan membahas dan memberikan cuplikan bagaimana saya dan keluarga pindahan ke rumah baru. 

Sudah pasti bisa dibayangkan ya, bagaimana repot nya pindahan rumah. For sure, main routine yang saya dan keluarga lakukan adalah bersih – bersih dan merapihkan seluruh barang – barang, termasuk meja Altar untuk ibadah atau sembahyang. 

Bedasarkan keyakinan, saya menjadikan Sang Buddha sebagai prinsip dan pedoman hidup saya. Jadi, hal pertama yang saya siapkan terlebih dahulu Altar Sang Buddha untuk house blessing. Saya meletakkan rupang Sang Buddha, kemudian dilengkapi dengan Air, Dupa, Lampu Pelita dan Sumbu Minyak, Bunga, dan yang terakhir Buah.

Upacara House Blessing dalam agama Buddha sendiri harus memperhatikan beberapa simbol penting lho moms, yakni sebagai berikut :

Simbol yang pertama adalah Buddha rupang atau patung Sang Buddha. Buddha rupang dapat dijadikan sebagai simbol perenungan. Yang dimaksudkan disini adalah kita dapat merenungkan sifat – sifat luhur dan ajaran ajaran dhamma yang di berikan oleh Sang Buddha dan diinterpretasikan ke dalam diri dan kehidupan kita sendiri.

Kedua, Air. Air pada Altar agama Buddha melambangkan kesetiaan, kejujuran, dan kebersihan. Jadi, melalui Air kita bisa belajar bagaimana cara membersihkan Lobha yaitu kekotoran batin kita terhadap duniawi, nafsu – nafsu indera dalam diri kita sendiri agar kita bisa menjadi suci dan bersih layaknya Air ini. Mostly, para Bhante atau Bhikkhu melakukan blessing dengan menggunakan air yang telah dibacakan oleh parita – parita suci, lho moms. Termasuk Bhikkhu yang telah blessing beberapa tempat di rumah saya yang telah menggunakan Air ini. 

Selanjutnya, yang ketiga adalah Dupa. Dupa dikenal sebagai simbol keharuman dari ajaran Sang Buddha yang menyebar ke seluruh penjuru dunia ini. Jadi, Dupa ini adalah salah satu simbol yang harus diperhatikan untuk menata Altar untuk house blessing moms. 

Kemudian, simbol yang keempat yang terdapat di Altar saya ini adalah Lampu Pelita dan Sumbu Minyak yang sudah menyala di Altar. Lampu Pelita dan Sumbu Minyak merupakan simbol dari penerangan. Digambarkan bahwa, layaknya kita seperti orang buta yang tidak bisa melihat, namun dengan adanya Dhamma Sang Buddha kita seketika memiliki tongkat untuk m berjalan. Jadi, simbol penerangan ini dapat diartikan untuk menerangi hidup kita dari tantangan dan rintangan di hidup ini. 

Simbol yang kelima adalah, Bunga. Bunga melambangkan bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini hanyalah ketidak kekalan, baik itu kekayaan, kecantikan, martabat, dan harga diri. Melainkan semua itu hanyalah Annica yang dapat berubah setiap saat. Melalui simbol Bunga, kita diingatkan agar kita sebagai manusia untuk tidak memiliki sifat sombong ya, moms. Ketika kita sedang berada di posisi atas, kita harus tetap rendah hati dan membantu satu sama lain. Kita juga harus bisa dan berani menerima setiap perubahan yang terjadi dalam kehidupan kita lho, moms!

Simbol yang terakhir adalah Buah yang merupakan sebuah persembahan di Altar Sang Buddha. Buah sendiri memiliki makna yang sangat dalam, yakni sebab akibat. Karna Buah berasal dari bibit yang sangat kecil untuk menjadi buah yang sempurna, seperti seseorang yang menanam bibit jeruk, maka itu akan bertumbuh menjadi buah jeruk yang sempurna.

Begitu juga jika diinterpretasikan ke dalam kehidupan kita, jika kita melakukan perbuatan baik maka itu akan berdampak baik juga untuk kehidupan kita ke depanya.

Nah, persiapan Altar ini merupakan step pertama ketika kita ingin melakukan house blessing dalam Agama Buddha ya, moms! 

House Blessing bisa di lakukan dalam agama apapun karna tujuan nya sama, untuk menciptakan ketenangan dan kedamaian di dalam rumah, serta dapat hidup berdampingan dengan makhluk – makhluk yang tidak bisa kita lihat. 

Karna tanpa kita sadari, mereka juga mungkin saja bisa saling membantu kita lho, moms!

Kemudian, step kedua dari upacara house blessing adalah ‘nyalakan semua lampu’. Dengan kita menyalakan semua lampu, itu artinya kita sudah mengisi rumah yang akan kita tinggali moms. Dan jangan lupa untuk sekaligus membersihkan rumah kita juga ya moms agar memberikan energi positif dan menciptakan kebersihan di dalam rumah. 

Step yang ketiga adalah, ‘undang teman dan keluarga’. Kita juga bisa undang teman dan keluarga terdekat di acara house blessing ya, moms. Karna, teman dan keluarga dapat menjadi salah satu bagian yang ikut mendoakan rumah kita agar terciptanya ketenangan dan kedamaian. 

Step keempat adalah ‘membawa lilin merah keliling rumah’. Jadi, lilin merah melambangkan cinta kasih ya moms. Kita bisa membawa lilin merah ini keliling ke seluruh ruangan dalam rumah agar ruangan ruangan di dalam rumah kita tetap tenang dan dijauhkan dari malapetaka. 

Inilah semua hal yang harus diperhatikan ketika kita ingin melakukan house blessing atau pindahan rumah ya moms. 

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI