Seputar Program Bayi Tabung

Bayi Tabung : Apakah Frozen Embrio sama dengan Fresh Embrio?

Hai moms, balik lagi nih di sesi #CurcolYukMoms yang kali ini akan membahas tentang bayi tabung. Bayi tabung itu bukan bayi di dalam tabung ya, jadi buat kalian yang belum tau apa itu bayi tabung artikel ini akan membantu kalian untuk mengerti apa itu bayi tabung.

Secara singkat bayi tabung adalah suatu proses pembuahan sel telur oleh sel sperma di luar tubuh wanita, tepatnya di dalam sebuah tabung pembuahan. Setelah sel telur berhasil dibuahi dan ada dalam fase siap, fase siap ini disebut fase embrio. Dalam beberapa kasus ada yang mendapatkan 2 sampai 3 embrio, dan saya sendiri mendapatkan 32 embrio calon anak. Dan setelah itu dikembangkan sampai fase siap ditanamkan ke dalam rahim, dan mendapatkan 17 embrio calon anak yang benar-benar siap. Setelah itu akan dipindahkan ke dalam rahim. Secara medis proses bayi tabung disebut dengan in vitro fertilization (IVF).

Untuk embrio yang sudah siap tadi disimpan di dalam kulkas khusus yang suhunya -196°C. Embrio yang di masukan ke dalam rahim disebut embrio fresh. Dan embrio yang di bekukan di sebut frozen embryo. Pemindahan frozen embryo ke dalam rahim di sebut frozen embryo transfer yang akan kita bahas lebih lanjut :

1. Apa itu Frozen Embryo Transfer (FET)?
FET adalah proses serangkaian program bayi tabung yang dimana dia mengambil embrio beku kemudian dicairkan lalu dimasukan ke dalam rahim sehingga bisa hamil.

2. Frozen Embryo disimpan dimana sih?
Frozen Embryo ini disimpan di dalam inkubasi lab khusus yang sebelumnya akan dibekukan dengan menggunakan nitrogen cair. Sebelum dibekukan embrio ini akan dimasukan ke dalam cairan khusus yang berfungsi untuk melindungin sel-sel dalam embrio untuk menghindari kerusakan ketika proses pembekuan dan penyimpanan dilakukan, dan biasanya proses pembekuan membutuhkan waktu 1 sampai 2 jam sampai benar-benar membeku. Ketika sudah membeku akan dimasukan ke dalam freezer khusus dengan suhu -196°C.

3. Berapa lama Frozen Embryo bisa disimpan?
Ini pertanyaan yang sering muncul, sama halnya ketika kita menyimpan ikan di kulkan yang bisa bertahan kurang lebih 3 hari sebelum kita olah. frozen embryo ini juga memiliki jangka waktu penyimpanan, yaitu dapat di simpan dalam waktu 24 tahun. Tapi harus siap mengeluarkan biaya untuk biaya penyimpanan ya moms. Di Indonesia khususnya di Morula IVF disarankan digunakan dalam waktu 9 tahun, karena tingkat kehamilan lebih tinggi dibandingkan lebih dari 9 tahun.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencairkan Frozen Embryo?
Jadi ketika sepasang suami istri sudah menentukan mau hamil lagi, frozen embryo yang dibekukan akan dikeluarkan dalam inkubasi lab lalu dicairkan dengan menggunakan cairan yang berfungsi menghilangkan cairan CPA yang selama ini melindungin embrio selama proses penyimpanan dan mengembalikan kadar air dari embrio tersebut. Hanya membutuhkan waktu 40 sampai 60 menit sampai benar-benar cair dan hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk memasukan embrio ke rahim wanita.

5. Prosedur FET
Jadi prosedur ini mudah dan gampang, jadi setelah di cairkan tinggal dimasukan saja. Dalam keadaan kita sadar, dokter akan memasukkan kateter melalui miss v sampai ke rahim. Tidak ada rasa sakit hanya tidak enak sedikit, dan dokter akan mentransfer fresh embryo menggunakan alat khusus.

6. Resiko FET
Tidak bisa dipungkiri pasti ada resikonya. Untuk resiko ringan yaitu perut seperti sembelit dan tidak nyaman, keram, payudara mengeras, dan biasanya akan keluar cairan dari miss v. Untuk resiko yang cukup berat yaitu OHSS seperti yang sudah pernah saya bahas, lalu kehamilan ektopik, kehamilan kembar, dan yang terakhir infeksi organ reproduksi.

7. Peluang kehamilan
Jadi berdasarkan penelitian, dikatakan bahwa peluang kehamilan lebih besar didapatkan pada embrio beku. Beberapa studi juga mengatakan saat kita melakukan frozen embryo, kita sedang mempersiapkan fasilitas rahim kita sebaik mungkin. Embrio yang dapat bertahan setelah dibekukan adalah embrio yang kuat, jadi kesimpulannya rahim yang bagus serta embrio yang kuat akan meningkatkan tingkat kehamilan seseorang.

8. Apakah FET ada di Indonesia?
Jawabannya adalah YES, saya sudah melakukannya di Morula IVF Menteng dengan dokter Arya Nando.

Bayi tabung yang dibekukan bisa bikin kehamilan? Jawabannya ada di next #CurcolYukMoms.

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI