Motherhood

Kenalan dengan Warna ASI yuk!

Hi, welcome to#CurcolYukMoms! Kali ini, saya akan sharing mengenai warna – warna ASI. Menjadi ibu menyusui sering kali mendapatkan surprise tersendiri ya, moms. Dari sensasi ketika menyusui, ASI yang tidak keluar, bahkan warna ASI yang berubah pun ternyata sering kali membuat ibu menyusui khawatir lho, moms. 

Umumnya, ASI memiliki warna putih susu. Namun, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan perubahan pada warna ASI, mulai dari masa produksi ASI hingga jenis makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Perubahan warna ASI umumnya bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan, moms. Tapi, walaupun begitu, kita sebagai ibu menyusui tetap perlu memahami seperti apa perubahan warna ASI yang normal dan tidak normal. 

1. Putih

ASI berwarna putih ini akan kita temukan nampak seperti air ya, moms. Pure seperti air bukan seperti susu. Warna ini akan kita temukan ketika pertama kali kita menyusui. Warna  ini kita sebut dengan Foremilk, merupakan ASI yang rendah lemak, dan biasanya akan terjadi ketika 5 menit pertama ketika kita pumping ASI pada payudara kiri dan kanan.

2. Putih Pekat

Setelah 5 menit pertama kita pumping ASI, warna kedua yang akan keluar adalah putih pekat seperti susu dan bernama Hindmilk. Warna ini, dipercaya kaya akan lemak, protein, antibody. Otomatis akan memberikan baby kita banyak nutrisi dan protein yang akan melindungi kita dari infeksi atau bakteri lho, moms.

3. Kuning

Jadi, ASI warna kuning ini disebut Kolostrum. Perubahan warna ASI ini disebabkan karna ASI yang sudah lama kita pompa, dan diletakkan di freezer, maka komponen ASI akan terpisah sehingga warna akan brubah menjadi kuning. Tapi, jangan khawatir moms, ketika ASI yang dari freezer tersebut sudah dicairkan kembali, maka warna ASI tersebut akan kembali menjadi putih lho, moms

4. Hijau

Wow, ASI warna hijau ini tentunya sangat mengejutkan ya, moms. Tapi tidak perlu khawatir, warna hijau ini ternyata disebabkan ketika si mommy sedang sakit dan konsumsi banyak sayuran. Jadi ketika kita pumping keluarlah ASI dengan warna hijau.

5. Pink

Nah, untuk Asi warna pink ini diketahui karna adanya campuran darah di dalam asi kita lho, moms. Darah nya berasal dari mana? Kita tahu bahwa si kecil kerap kali mengigigit ketika kita melakukan breastfeeding. Secara tidak sadar, akan terjadi kelecetan hingga berdarah yang menyebabkan tercampurnya darah tersebut ke dalam ASI, sehingga ketika kita pumping akan keluar warna ASI pink. Walaupun aman, tapi saya sarankan agar memberikan asi berwarna putih atau kuning saja ya, moms.

6. Hitam

Untuk warna ini, saya tidak pernah mengalami. Tetapi ASI ini bisa keluar karna kita mengkonsumsi antibiotik atau obat – obatan. Jadi, disarankan ketika menyusui tidak mengkonsumsi obat – obatan ya, moms. Karna dengan breastfeeding kita juga akan mendapatkan antibody sendiri lho, moms sehingga tidak mudah sakit.

Nah, dari keenam warna ASI diatas, warna ASI mana ya moms kira – kira yg baik untuk diberikan kepada si kecil? Saya pribadi , prefer untuk memberikan ASI berwarna putih dan kuning dibandingkan asi warna lain. Tapi, kembali lagi ke stock ASI mommy ya. Jika mommy memiliki stock ASI yang banyak, sebaiknya memberikan ASI warna putih dan kuning karna lebih sehat. Tapi, jika stock ASI sedikit, memberikan asi warna pink dan hijau juga tidak masalah lho moms, asal jangan yang berwarna hitam.

Thats all about warna ASI yang harus diketahui oleh mommy sebagai ibu menyusui. Semoga membantu moms!