Covid 19 · Motherhood

15 Tips Vaksin Anak di Tengah Pandemi Covid-19

Setelah menahan diri untuk tetap #dirumahaja selama kurang lebih 2 bulan, akhirnya pada hari Selasa 28 April 2020, saya memutuskan untuk membawa kedua anak saya vaksin ke rumah sakit.

Nah, jadi berikut ini adalah tips dari saya untuk membawa anak vaksin ke rumah sakit agar tetap aman dan tidak pulang dengan membawa virus!

1. Carilah Rumah Sakit yang Paling Dekat dengan Rumah Kalian

Saya sarankan agar kalian mencari rumah sakit terdekat dengan rumah kalian yang khusus atau spesialis untuk ibu dan anak ya, moms. Jadi, anak kita tidak terkontaminasi dengan pasien – pasien yang memiliki penyakit serius. Saya sendiri memilih RS Grand Family PIK, dan saya sangat suka membawa anak – anak kesana. Karna, di tengah pandemi Covid-19 ini, RS Grand Family PIK menyediakan 2 gedung terpisah antara ibu dan anak yang sakit, dan 1 gedung lainnya adalah khusus ibu dan anak yang ingin datang hanya untuk vaksin. Jadi, pastikan rumah sakit yang kalian pilih aman ya, moms!

2. Mendaftar Terlebih Dahulu di Rumah Sakit

Walaupun nomor antrian biasanya sesuai kedatangan, tetapi sebelum datang ke rumah sakit, biasanya saya akan mendaftar terlebih dahulu ya, moms, agar meminimalisir anak – anak kita terkontaminasi dengan udara rumah sakit hingga terkena virus.

3. Pakai Hand Sanitizer & Masker

Jadi, pada saat kita akan pergi ke rumah sakit untuk daftar, jangan lupa tetap menggunakan masker dan hand sanitizer ya, moms! Pastikan kita tetap menjaga aman diri kita dari infeksi virus dan bakteri di sekeliling rumah sakit.

4. Pastikan Anak Sudah Kenyang

Hal ini sangat penting ya, moms. Bukan hanya untuk kita sebagai orang dewasa, hal ini lebih penting lagi untuk anak – anak. Kita harus memastikan agar perut mereka sudah kenyang, tidak lapar atau haus ketika di rumah sakit, agar meminimalisir aktivitas mereka yang mengharuskan untuk membuka dan menutup masker. Jadi, tetap waspada ya moms!

5. Berikan Vitamin pada Anak

Tips yang tidak kalah pentingnya adalah memberikan vitamin pada anak. Bukan hanya orang dewasa, imunitas yang baik pada anak juga dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh mereka ya, moms. Terlebih lagi ketika kita akan mengunjungi rumah sakit. Sangat penting untuk memberikan vitamin terlebih dahulu kepada anak – anak.

6. Pakai Masker

Bukan hanya kita saja yang menggunakan masker, jangan lupa, anak kita harus pakai masker juga ya moms, agar tetap aman dari virus dan kontaminasi udara di rumah sakit!

7. Pakaikan Popok kepada Anak

Walaupun si kecil sudah potty training, tetapi penggunaan popok sangat diperlukan ketika ingin mengunjungi rumah sakit di tengah pandemi ini lho, moms. Kita harus cerdas memberikan pengertian kepada si kecil agar meminimalisir terjadinya penyebaran virus Covid-19 kepada anak kita moms.

8. Pakai Hand Sanitizer Khusus Anak

Jadi, penting sekali menggunakan hand sanitizer khusus untuk anak – anak ya moms. Saya sendiri menggunakan sanitizer khusus dari Buds untuk kedua baby saya agar mereka tetap aman berkunjung ke rumah sakit.

9. Pakai Acquassimo

Acquassimo ini sudah menjadi sahabat keluarga saya, sehingga ini menjadi benda penting yang harus dibawa untuk menyemprot benda – benda sekitar seperti kursi rumah sakit yang akan kita duduki bersama anak – anak ya, moms.

10. Bawa Disinfectant Spray

Nah, ini merupakan tips yang tidak kalah pentingnya ya moms. Saya sendiri ketika di rumah sakit membawa disinfectant spray Lavme untuk menyemprotkan ke seluruh ruangan di ruang tunggu rumah sakit, agar virus atau bakteri yang mungkin ada di ruangan tersebut tidak sempat terinfeksi ke diri kita maupun anak – anak moms.

11. Edukasikan kepada Anak – anak Sejak Dini

Penting sekali untuk meng-edukasi anak – anak kita mengenai pandemi Covid-19 ini ya moms, agar mereka aware dan turut mengikuti budaya kita untuk mencegah penyebaran virus corona, sehingga mereka tidak akan say “No” ketika kita ajak untuk hidup bersih menggunakan masker maupun hand sanitizer.

12. Cari Ruangan yang Tidak Terlalu Banyak Orang

Kita sebagai mommy harus kembali cerdas dan jeli ya moms. Terlebih lagi di rumah sakit merupakan sarana yang banyak dikunjungi oleh orang sakit. Sebaiknya kita menghindari keramaian ketika membawa anak – anak, melainkan kita harus mencari ruangan yang agak sepi dan tidak terlalu ramai untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19 kepada kita dan anak – anak.

13. Langsung Pulang Setelah Vaksin

Jangan berlama – lama di rumah sakit ya, moms. Setelah nomor antrian kita dipanggil dan sudah masuk ke ruangan dokter untuk melakukan vaksin, sebaiknya kita segera ajak anak – anak untuk meninggalkan rumah sakit agar mereka tidak terkontaminasi udara luar dalam waktu yang cukup lama.

14. Ganti Baju Anak

Setelah kita sudah membawa anak – anak keluar dari rumah sakit dan masuk mobil, step selanjutnya adalah mengganti baju mereka agar tetap higienis ya moms. Kita tidak tahu virus apa saja yang sudah menempel di baju anak – anak kita melalui udara, sebaiknya kita cegah dengan cara mengganti baju mereka sebelum sampai di rumah.

15. Langsung Mandi

Nah, ketika sampai di rumah, ini merupakan tips finishing ya moms. Walaupun baju anak – anak sudah diganti di mobil, tetap harus mandi baik mommy maupun anak – anak, agar kebersihan kita tetap terjaga ya moms.

That’s all 15 tips vaksin anak di tengah pandemi versi saya. Menjaga kesehatan untuk #dirumahaja sangat penting ya, moms. Tetapi untuk mengikuti rangkaian kegiatan vaksin si kecil juga harus diperhatikan lho, moms. Semoga tips ini dapat bermanfaat untuk mommy – mommy yang ingin mengajak si kecil untuk vaksin ya, moms!

See you di next “CurcolYukMoms”!

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI