Pregnancy

Penderita PCOS Bisa Hamil?? Bagaimana Caranya?

Hi moms, dan para penderita PCOS! Sebelumnya, video dan artikel ini saya dedikasikan untuk para penderita PCOS diluar sana. Namun, tenang saja ya moms, kalian tidak sendiri karna saya bersama dengan kalian. Saya termasuk dari salah satu penderita PCOS yang cukup parah dan sempat mengalami kejadian yang cukup buruk karna PCOS ini. 

Sebelum kita membahas lebih dalam apakah penderita PCOS bisa hamil atau tidak, lebih baik kita cari tahu dulu apa itu PCOS yuk, moms! Sindrom PCOS atau polycystic ovarian syndrome adalah gangguan hormon yang terjadi pada wanita di usia subur, dimana penderita PCOS mengalami gangguan menstruasi dan memiliki kadar hormon androgen atau hormon maskulin yang berlebihan. Jadi, dengan kata lain penderita PCOS ini mengalami gangguan hormon karna hormon maskulin atau hormon yang seharusnya dimiliki oleh pria lebih banyak di dalam tubuh penderita PCOS ya, moms.

Pertanyaan selanjutnya adalah, apa sih moms yang menyebabkan terjadinya PCOS? Walaupun banyak beberapa orang berpendapat bahwa penderita PCOS disebabkan karna beberapa faktor, seperti gen keturunan yang merupakan penderita diabetes dan obesitas. Namun sayangnya, sesuai dengan survei penelitian, hingga saat ini tidak diketahui adanya penyebab dari PCOS. Termasuk saya sendiri yang mengalami tidak adanya penyebab yang signifikan dari dalam tubuh saya hingga akhirnya menjadi penderita PCOS. 

Kemudian, apakah penderita PCOS mengetahui kalau mereka sedang mengalami PCOS, moms? Jawabannya adalah tidak. 90% dari penderita PCOS, termasuk saya sendiri, tidak mengetahui bahwa sedang mengalami PCOS lho, moms. Namun, terdapat dua fakta dari diri saya sendiri yang menjadi faktor pendukung ciri – ciri penderita PCOS.

1. Terlambat Menstruasi

Ketika remaja, saya baru mengalami menstruasi di usia 14 tahun. Pada saat itu, saya merasa bahwa ini merupakan hal yang wajar. Padahal ternyata, hal ini merupakan ketidakwajaran moms, karna saya mengalami menstruasi yang bisa dikatakan terlambat dibandingkan dengan teman – teman lainnya. 

2. Siklus Haid Tidak Teratur

Umumnya, wanita mengalami pre-menstruation syndrom (PMS) dan menstruasi di setiap bulan ya, moms. Dan di setiap bulan juga wanita pasti akan mengalami mood swing atau badmood. Namun, hal ini berbeda dengan saya yang mengalami siklus menstruasi selama 2 atau 3 bulan sekali, bahkan pernah sampai 5 bulan sekali baru mengalami menstruasi lho, moms. And again, pada saat itu saya berfikir ini merupakan hal yang wajar dan bukan masalah. 

Dari kedua fakta diatas yang saya anggap tidak ada masalah, ternyata baru menjadi masalah ketika saya menikah dan sulit untuk hamil, moms. Nah, disini kita akan langsung membahas topik ini sesuai judulnya, apakah penderita PCOS bisa hamil? Jawabannya adalah bisa, moms! Saya sendiri membuat video dan artikel ini setelah memiliki 2 orang anak, padahal saya merupakan penderita PCOS. 

Jadi, bagaimana caranya penderita PCOS bisa hamil? 

1. Program Hamil Normal

Ini merupakan cara utama yang diharapkan oleh sebagian besar mommy – mommy yang mungkin sedang membaca artikel ini ya, moms. Di cara yang pertama ini, kalian harus mengunjungi RS ibu dan anak khususnya dokter kandungan untuk mendisuksikan bahwa kalian ingin mengikuti program hamil normal. 

Biasanya, dokter nanti akan menanyakan tanggal menstruasi dan bagaimana siklus menstruasi yang dialami oleh kalian. Nah, jika pada step ini kalian menyebutkan siklus menstruasi yang tidak beraturan, maka dokter langsung akan mengetahui bahwa kalian adalah penderita PCOS. Dengan begitu, dokter pasti akan menyarankan kalian untuk melakukan healthy life style, olahraga, dan konsumsi makanan yang sehat. Tentunya ini dilakukan oleh suami istri ya moms, bukan hanya tanggung jawab kalian sebagai penderita PCOS saja. 

Setelah itu, dokter akan menyarankan kalian untuk minum asam folat setiap hari sekali, dan dibantu dengan asupan telur dan susu yang cukup. Selain itu, dokter juga akan memberikan obat – obatan yang bertujuan untuk melancarkan menstruasi kalian ya, moms. Karna kalau menstruasi tidak dilancarkan terlebih dahulu, merupakan tanda bahwa kita belum subur sehingga akan sulit untuk hamil, moms. Setelah itu, dokter akan memberikan suntikan guna untuk memperbesar sel telur, nantinya kalian akan diminta untuk berhubungan suami istri. Nah, step ini sudah selesai. Kalian tinggal tunggu aja deh moms hasilnya di testpack positif atau tidak.

2. Program Inseminasi

Untuk program ini, saya sendiri tidak melakukannya karna program ini sama seperti program hamil normal, dimana dokter tetap memberikan suntikan kepada kita ya, moms. Hanya saja, ketika sel telur sudah besar dan siap dibuahi oleh sperma, nantinya dokter akan melakukan seleksi sperma yang dikeluarkan diluar, di cek terlebih dahulu sperma mana yang terbaik, lalu akan dimasukan kembali ke rahim kalian ya moms dengan menggunakan tabung. Dan setelah itu, kita tinggal menunggu hasil nya deh, moms! 

3. Bayi Tabung

Bayi tabung adalah last option ya, moms. Saya sendiri memilih last option ini karna sejujurnya sudah hopeless. Tapi, last option ini bisa jadi referensi kalian dan saya sudah pernah menjelaskan juga di chanel sebelumnya mengenai prosedur bayi tabung seperti apa, bisa dicari saja di youtube chanel ya, moms.

Singkatnya, saya sendiri melakukan bayi tabung di RS Bunda Morula Meteng, karna memang RS tersebut sudah terbilang profesional dalam hal bayi tabung lho, moms. Bagaimana tidak, dalam sehari mereka sudah mengurus berapa puluh bahkan ratusan bayi tabung. 

Nah, kemudian bagaimana si proses dari bayi tabung ini bekerja? Tidak berbeda jauh dengan kedua cara diatas. Hanya saja, dalam bayi tabung ini mencampurkan sel telur dan sel sperma diluar dari rahim kalian moms. Jadi, sel telur dan sperma dicampurkan diluar, dan menunggu 3 hingga 4 hari sampai terbentuk embrio, baru akan dimasukkan ke dalam rahim kalian dengan menggunakan tabung. Setelah selesai, kita tinggal menunggu saja apakah embrio tersebut menempel atau tidak di rahim moms. Kalau menempel, berarti kalian hamil dan sudah ready to be mommy! 

Inilah 3 cara untuk kalian para penderita PCOS agar bisa segera hamil dan punya momongan! Jangan pernah khawatir dan men-judge diri sendiri kalau kalian adalah penderita PCOS dan tidak bisa hamil ya, moms. Karna saya sendiri sudah membuktikan bahwa saya bisa hamil walaupun menderita PCOS. 

Most important thing adalah, kita sebagai penderita PCOS harus sembuh dengan menjalankan healthy life style, dan setelah itu kita harus bisa hamil, karna dengan hamil, dipercaya akan lebih membuat diri kita subur lho, moms.

So, untuk para mommy yang menderita PCOS, semangat menjalankan 3 cara ini, dan jangan mudah putus asa ya, moms! Semoga bermanfaat.