Kesehatan

Tips Membersihkan Mulut Baby dengan Tepat

Hi moms, kembali lagi di “Curcol Yuk Moms”. Kali ini, saya akan sharing mengenai betapa pentingnya kita sebagai parents terutama mommy, untuk lebih aware membersihkan seisi mulut bahkan gigi baby kita sejak dini.

Banyak dari teman – teman bahkan saya sendiri memiliki pengalaman dari baby Louisse dan baby Uwi yang pernah memiliki bercak putih di lidah mereka karna bekas ASI. Bercak putih ini tidak hanya menempel di lidah saja, melainkan di bagian pipi dalam dan langit – langit atas mulut mereka lho, moms.

Terkadang, sebagai mommy kita pasti pernah berpikir jika bekas ASI yang lama masih menempel di mulut si baby, maka next breastfeeding, ASI yang baru menjadi tidak steril dan terdapat kuman dari ASI sebelumnya yang menempel di mulut si baby.

Nah, kira – kira aman ga ya moms kalau bekas ASI yang lama masih menempel di seisi mulut baby kita? Jawabannya adalah aman.

Karna ASI yang sudah kita berikan untuk si baby sejak mereka lahir, dipercaya sudah sangat baik ya moms kandungannya, dan tidak bisa menyebabkan timbulnya penyakit atau kuman walaupun terdapat bercak ASI di seisi mulut si baby. Meskipun begitu, kita juga tetap harus rajin membersihkan seisi mulut si baby.

Tapi, lain halnya jika si baby seusia baby Uwi yang sudah memasuki masa MPASI, dan sudah mengkonsumsi susu formula memiliki bercak putih, itu harus rajin dibersihkan, dan tidak bisa dibiarkan lho, moms.

Sesuai highlight judul diatas, langsung aja yuk moms kita bahas, bagaimana sih cara bersihin mulut si baby dengan tepat sejak dini hingga umur 2 tahun ke atas?

  1. Usia 0 bulan – 6 bulan

Cara pertama ini efektif utuk baby berusia 0 hingga 6 bulan yang belum memiliki gigi ya, moms. Kita bisa mulai dengan penggunaan washalp baby atau sikat gigi kusus baby yang dimasukkan ke telunjuk kita. Baik washalp atau sikat gigi khusus sebaiknya direndam terlebih dahulu selama beberapa menit ke air panas ya moms, agar lebih steril. Setelah direndam, kita bisa diamkan sebentar di wadah bersih, agar tidak terlalu panas jika sikat gigi atau washlap dimasukkan ke mulut baby kita.

Ketika washlap atau sikat gigi sudah mulai hangat, kita bisa mulai bersihkan mulut baby kita dengan menggunakan salah satu alat tersebut, baik washlap atau sikat gigi. Dan jangan terlalu lama ya moms membersihkan mulut si baby, cukup dengan kurang lebih 5 kali sentuhan saja di bagian lidah. Karna kalau terlalu lama baby akan trauma dan ditakutkan akan menjadi muntah.

  1. Usia 6 bulan – 1 tahun

Cara kedua ini bisa digunakan untuk baby berusia 6 bulan hingga 1 tahun ya moms. Karna, di tahapan usia ini biasanya baby sudah mulai mengalami pertumbuhan gigi dan memasuki masa MPASI dengan makan makanan yang ringan hingga berat seperti kita.

Cara membersihkannya, jangan menggunakan pasta gigi baby yang mengandung flouride dulu ya moms. Lakukan saja sama seperti cara pertama diatas, yang membedakan hanyalah di tahapan usia ini kita bukan hanya membersihkan bagian lidah saja tetapi juga harus bersihkan bagian gigi baby juga ya, moms.

Pastinya, kegiatan membersihkan gigi ini akan penuh drama ya moms. Tetapi kita harus tetap lakukan agar mereka terbiasa. Karna kebiasaan si baby akan terbentuk ketika kegiatan itu dilakukan secara terus menerus.

  1. Usia 1 tahun – 2 tahun

Cara yang ketiga ini adalah cara efektif untuk membersihkan gigi baby kita di usia 1 hingga 2 tahun. Di tahapan usia ini, tentunya gigi baby kita sudah semakin banyak ya, moms. Maka, kita baru boleh menggunakan sikat gigi dan pasta gigi untuk mereka di tahapan usia ini. Tentunya, pemilihan sikat gigi juga harus selektif ya moms, meggunakan bulu yang halus dan pasta gigi yang tidak mengandung flouride.

Waktu menyikat gigi juga harus diperhatikan ya, moms. Kita lakukan 2 kali dalam sehari, pagi ketika sebelum mereka makan, dan malam hari ketika mereka selesai minum susu. Jadi, mommy sudah membentuk kebiasaan mereka untuk menyikat gigi sejak dini ya, moms. Setelah makan seharian, dan minum susu, maka harus ditutup dengan sikat gigi sebelum tidur.

Itulah 3 tahapan membersihkan seisi mulut baby sesuai golongan usia mereka ya, moms. Membersihkan mulut baby sangat penting dilakukan guna menjaga mulut mereka agar tetap bersih dan terhindar dari gangguan kesehatan lho, moms. Jika mulut tidak dibersihkan secara teratur, risiko infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh bakteri akan lebih besar.

Selain itu, dengan menjaga mulut, gigi, bahkan kebersihan lidah baby, mommy bisa mengurangi bau mulut tidak sedap pada si baby dan mengajarkan mereka untuk menjaga kebersihan mulutnya sedari dini. Semoga bermanfaat, moms!

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#MembersihkanGigi #GigiBersih #GigiBaby #Gigibayi