Fakta-Fakta · Uncategorized

10 Fakta Unik Panda China di Taman Safari

Hi moms! Baru saja saya mengunjungi Taman Safari bersama keluarga Daddy, Baby Louisse, Baby Uwi, serta keponakan – keponakan. Kembali lagi ke taman safari, kita juga kembali mengunjungi istana panda yang ada di dalamnya.

Tidak bisa dipungkiri, istana panda ini menarik perhatian masyarakat indonesia. Bagi kalian yang belum mengunjungi istana panda ini, kalian harus coba kunjungi dan jangan sampai melewatkan kesempatan ini lho, moms!

Kemudian, apa sih hal yang istimewa atau fakta unik dari panda ini, selain hanya berada di negara – negara tertentu saja?

  1. Hewan Karnivora

Jadi, walaupun panda banyak mengkonsumsi bambu, sayur – sayuran, buah – buahan dan daging hanya 10%, tapi panda merupakan hewan karnivora yang masih merupakan spesies beruang family. Bisa kita lihat bahwa panda masih memiliki taring di giginya yang mencirikan pemakan daging.

  1. Habiskan 20 kg Bambu / Hari

Surprisingly! Panda memang menghabiskan 20 kg bambu lho, moms di setiap hari nya. Banyak sekali bukan? That’s why Taman Safari Indonesia telah menyiapkan support untuk si panda ini dengan cara menanam kurang lebih 20 jenis pohon bambu dan rumput – rumputan sebagai makanan untuk para panda di istana panda, moms.

  1. Rabun

Siapa sih yang tidak excited ketika melihat panda? Pasti langsung ingin memanggil dan mengabaikan tangan. Tapi jangan kaget kalo tidak digubris oleh si panda ya, moms. Karna ternyata, panda itu rabun. Mereka hanya memiliki kemahiran di indera penciuman untuk mendeteksi lawan jenis, dan indera pendengaran untuk mendeteksi manusia. Unik sekali ya, moms!

  1. Suka Tidur

Hal unik lainnya, dalam 24 jam sehari, panda mampu menghabiskan 13 jam hanya untuk tidur, dan sisanya mereka gunakan untuk makan. Hal ini terjadi berulang – ulang di setiap hari lho, moms.

  1. Musim Kawin

Tidak berbeda dengan hewan lainnya, panda juga memiliki musim kawin lho, moms. Walaupun di Taman Safari Indonesia memisahkan kandang panda jantan dan kandangan panda betina, tetapi ketika bulan juni atau juli mereka akan digabungkan karna bulan tersebut merupakan musim kawin untuk panda.

  1. Hewan Langka

Tidak sedikit masyarakat yang sudah mengetahui bahwa panda china merupakan hewan langka ya, moms. Bahkan pemerintah china sudah mengeluarkan undang – undang hukuman mati bagi mereka yang memelihara panda tanpa ijin. That’s why di china membuat 1 penangkaran khusus panda – panda yang wajib sekali kalian kunjungi ketika ke china.

  1. Nama Panda

Layaknya manusia, panda china ini juga memiliki nama china dan ktp loh moms! Lucu dan unik sekali kan, moms!

  1. Hanya dipinjamkan

Jangan salah persepsi, panda china yang ada di taman safari memiliki status hanya dipinjamkan dari pihak china untuk indonesia. Selain itu, walaupun hanya dipinjamkan selama 10 tahun, tetap ada biaya sebesar 13M di setiap tahun nya lho mom! Wow, mahal sekali kan, moms.

  1. Anak Panda Milik China

Jadi, anak panda yang lahir setelah perkembangbiakan akan kembali diserahkan kepada pihak china karna mereka memiliki kebijakan bahwa anak – anak panda tersebut merupakan milik china. Cukup strict juga ya, moms!

  1. Simbol Perdamaian China

Seperti yang kita tahu bahwa panda memiliki warna hitam dan putih, yang setara dengan yin dan yang. Hal ini menjadikan china memiliki prinsip bahwa panda sebagai simbol perdamaian. Sehingga panda yang dipinjamkan ke negara lain seperti indonesia sebagai wujud perdamaian dari china dengan indonesia lho, moms.

Nah, itulah 10 fakta mengenai panda china di Taman Safari Indonesia. Menggemaskan banget kan, moms! Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk melihat mereka ya, moms. Untuk melihat cuplikan dari si panda ini, bisa saksikan di video berikut, enjoy the video!