Fakta-Fakta

Fakta Kanker Paru-Paru

Sudah 49 hari papa ada di atas, papa yang tenang dan bahagia ya di sana. Saya akan jaga keluarga kita, kita semua sayang sama papa. Jadi tidak terasa papa pergi meninggalkan saya dan keluarga. Jujur kesedihan bisa dihapuskan oleh waktu, namun kenangan bersama papa akan selalu di hati. Setiap saya berdoa, saya selalu teringat kenangan-kenangan bersama papa.

Papa meninggal karena kanker paru-paru, dan memutuskan saya untuk membagikan beberapa hal tentang kanker paru-paru,

Ini adalah penyakit dimana paru-paru normal kita diliputi dan dikelilingin oleh sel-sel ganas. Dimana sel-sel ganas tersebut memakan semua paru-paru, dan jika habis mereka akan berpindah dan memakan anggota organ tubuh yang lain. Berikut 8 fakta mengenai kanker paru-paru versi saya :

1. Kanker paru-paru mematikan

Pengalaman saya bekerja di rumah sakit kanker dan tumor dan kebanyakan pria terkena kanker kolon dan prostat, sedangkan wanita terkena kanker serviks dan payudara.

Mereka yang terkena kanker itu masih bisa bertahan hidup kurang lebih sampai 10 tahun, berbeda dengan kanker paru-paru. Papa baru 6 hari di rumah sakit, setelah kita tahu itu kanker paru-paru kita bahkan belum sempat memberikan pengobatan khusus kanker papa sudah meninggalkan kita.

Karena kanker itu sudah membesar dan menutup jalur pernapasan, jadi papa meninggal karena gagal napas. Bukan hanya kasus papa saya namun banyak kasus-kasus lain. Biasanya orang yang sudah terkena kanker paru-paru ini tidak memiliki banyak waktu untuk hidup.

2. Pelanggan kanker ini biasanya perokok aktif dan pasif

Tidak bisa dipungkiri bahwa merokok itu tidak baik bagi paru-paru kita, baik itu perokok aktif maupun perokok pasif. Asap rokok mengandung karsinogenik, dan ini adalah sebuah istilah yang menerangkan sifat dari zat atau paparan bahan yang dapat memicu kanker (karsinogen).

3. Ditemukan saat stadium lanjut

Penderita kanker paru-paru tidak akan mengetahui mereka mengidap kanker pada stadium awal, yang mungkin hanya di kira TBC. Yang akan terdeteksi jika sudah stadium lanjut, yang membuat kesempatan hidup lebih sedikit. Dari pengalaman ini kita harus waspada jika ada gejala-gejala batuk yang tidak berhenti-berhenti, batuk berdahak, sampai berdarah, nyeri dada, sakit kepala, susah bernapas, cepat lelah dan penurunan berat badan yang drastis.

Jika menemukan gejala-gejala di atas segera cek ke dokter, semakin cepat di deteksi akan semakin besar bagus.

4. Mirip dengan gejala TBC

Gejala kanker ini sangat mirip dengan gejala TBC yang dimana disertai cairan banyak di paru-paru dan batuk berdahak.

5. Kasus kanker paru-paru makin meningkat setiap tahun

Dari data penelitian terdapat peningkatan kasur kanker paru-paru setiap tahunnya. Tahun 2019 terdapat 973 kasus, dan tahun 2020 terdapat kasus 1.000 kasus belum sampai hari ini.

6. Pengobatan di negara berkembang sangat kurang

Untuk mendetiksi kanker paru-paru papa saya saja yang sudah stadium lanjut bisa lama untuk nendeteksi mengecek cairan paru-paru saja sampai 1 minggu kerja, sabtu minggu tidak di hitung. Berbeda dengan negara-negara maju yang bisa menangani dan mendeteksi kanker jauh lebih baik.

7. Polusi udara dapat menyebabkan kanker paru-paru

Belum lama ini di Indonesia sedang stop darurat asap, untuk pembakaran lahan yang mempercepat dan mempermudah pembangunan kita di Kalimantan yang menyebabkan polusi yang darurat bagi kesehatan. Polusi di Jakarta juga tidak bagus dengan IQ sebesar 150, yang tidak baik bagi paru-paru.

8. Pengobatan kanker paru-paru

Di negara berkembang pengobatan pada stadium awal biasanya akan di lakukan operasi, dan jika sudah stadium lanjut akan dilakukan kemotrapi oral atau infus. Obat kemotrapi sendiri juga bisa membuat sel-sel tubuh dia menjadi rusak, dan terakhir adalah radioterapi. Jadi saran saya jika sudah terdeteksi atau ingin penanganan lebih cepat bawa saja langsung ke negara maju.

That’s all fakta mengenai kanker paru-paru, saran saya jagalah hidup kalian dan sayangilah tubuh kalian dengan tidak merokok dan lebih menjaga kesehatan. Semoga artikel ini membuat kita semakin sadar akan kesehatan paru-paru kita. See you di next curcol yuk moms!

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell